-->

Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Diabetes

Post a Comment

Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Diabetes

kebiasaan buruk penyebab diabetes
Foto : mamahmuda.com

Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Diabetes ~ Menjaga kesehatan sangatlah penting mengingat di zaman modern sekarang ini, kita dituntut melaksanakan berbagai rutinitas sehari-hari misalnya bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya. Andai seseorang terkena sebuah penyakit, tentu akan mengganggu orang tersebut dalam menjalankan aktivitasnya. Termasuk penyakit diabetes, penyakit ini sudah merenggut 1,5 sampai 2,2 juta jiwa di tahun 2012 dan diperkirakan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Salah satu penyebab diabetes sebenarnya berasal dari kita sendiri, yakni masih melakukan kebiasaan buruk sehingga dapat menimbulkan penyakit diabetes. Lantas kebiasaan buruk apakah yang memicu datangnya penyakit diabetes ???

“Aku memiliki prinsip keseimbangan untuk mencapai kehidupan damai dan tentram. Yakni cinta, kesehatan, dan kemapanan” 
~ James Thurber

Foto : healthyusa.co

Diabetes Mellitus (DM) atau lebih akrab disapa Kencing Manis merupakan salah satu penyakit dengan kondisi kadar gula darah terlalu tinggi dalam tubuh akibat dari terganggunya organ pankreas merubah gula menjadi energi. Dalam hal ini penyebab diabetes dipengaruhi oleh dua jenis, yakni rusaknya pankreas dalam menghasilkan hormon insulin serta dari gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan penyakit diabetes. Bagi Anda yang belum mengenal apa itu penyakit diabetes, silahkan baca artikel di bawah ini.


Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes


Berbicara mengenai diabetes sendiri terdiri dari dua, yakni diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2. Ternyata, penderita diabetes terbanyak di dunia adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat dan beberapa kebiasaan buruk lainnya. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan datangnya diabetes :

1.) Mengonsumsi Makanan Manis


Siapa yang tidak suka dengan makanan manis seperti teh manis, permen, dan coklat ?? Pasti Anda juga menyukai makanan manis tadi. Akan tetapi, dibalik rasa manisnya terkandung bahaya ketika dikonsumsi secara berlebihan, yakni potensi terkena penyakit diabetes semakin besar. Makanan bermanis mengandung kalori dalam jumlah banyak, misalnya dari segelas teh mengandung kalori sebanyak 150 sampai 300 kalori. Sementara kebutuhan kalori harian manusia hanya sekitar 1000-1200 kalori. dari minum teh saja sudah memberikan kalori seperti itu, itupun belum ditambah dengan kalori lainnya seperti nasi. Kadar kalori yang begitu tinggi menjadi penyebab diabetes menyerang seseorang.

* Tips : Kurangi gula dalam makanan maupun minuman, atau bisa juga mengganti gula biasa dengan gula tebu atau gula sintetis sejenis, gula sintetiz tidak mengandung kalori sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih guna melancarkan sistem peredaran darah.

2.) Mengonsumsi Makanan Junk Food dan Fast Food


Sekilas mengenai makanan junk food adalah salah satu olahan makanan dengan sedikit kandungan di dalamnya, makanan ini dapat Anda jumpai pada makanan serba digoreng, sementara makanan fast food adalah makanan yang disajikan dalam hitungan menit seperti mie instant, pizza, burger, hot dog, dll. Makanan junk food seperti gorengan ternyata mengandung kalori cukup tinggi, walaupun makanan digoreng terasa lebih nikmat, namun Anda juga jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Pasalnya, konsumsi kalori berlebih tanpa diimbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik lainnya akan mempengaruhi kadar kalori tadi. Supaya tidak terbuang sia-sia, kalori itu dirubah menjadi lemak-lemak, kemudian disimpan di bawah kulit oleh pankreas dan hati. Akan tetapi, jika Anda malas beraktivitas hingga malas berolahraga, maka jumlah lemak semakin menumpuk di bawah kulit, akibatnya Anda bisa mengalami obesitas. Pada makanan cepat saji, mayoritas bahan pembuatan makanan tersebut didominasi oleh tepung, tepung mengandung kalori sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Konsumsi makanan cepat saji dapat menumpuk kalori karena kalori pada tepung cepat dicerna oleh tubuh. Sehingga resiko terkena gangguan kesehatan seperti diabetes semakin besar.

* Tips : kurangi makanan fast food maupun junk food dari sekarang mengingat sedikitnya kandungan gizi pada makanan tersebut. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan nilai gizi tinggi seperti bubur gandum, sayur sop, tumis kangkung, nasi liwet teri dan masih banyak lagi.

3.) Kesalahan Ketika Makan


Katanya, makan dalam porsi banyak akan membuat kenyang lebih lama. Sebenarnya hal itu tidak salah, namun apakah makanan yang mereka konsumsi benar-benar mengandung gizi lengkap atau belum. Makan secara berlebihan, makan ketika marah, suka ngemil, makan terlalu cepat ternyata dapat menyebabkan diabetes jika sering dilakukan. Makan secara berlebihan menghasilkan jumlah kalori lebih banyak daripada jumlah kalori pada makanan dalam porsi pas, akbiatnya kandungan kalori semakin menumpuk dan menyebabkan resiko terkena diabetes. Sementara makan ketika marah maupun suka ngemil makanan akan membuat Anda lupa apakah perut Anda sudah kenyang atau belum, sehingga Anda tidak bisa menghitung kadar kalori yang masuk. Kesalahan makan selanjutnya adalah makan secara terburu-buru, berdasarkan penelitian di Jepang beberapa waktu belakangan, mengungkapkan bahwa makan dalam waktu singkat (yakni kurang dari 10 menit) beresiko terhadap kesehatan badan Anda.

* Tipsnya : Konsumsi makanan berserat maupun makanan dengan karbohidrat kompleks. Makanan berserat didapat dari berbagai sayuran, sementara karbohidrat kompleks bisa berasal dari tepung gandum, oat meals, jagung, kacang-kacangan, tempe, beras merah, ketan merah, dan masih banyak lagi.

4.) Anda Perokok ??


Rokok mengandung berbagai bahan kimia, dan ini bisa berbahaya bagi tubuh apabila zat sisanya (berupa asap) dihirup oleh manusia. Dari hasil survei di Amerika mengatakan jika penderita diabetes mengalami kenaikan sekitar 22 persen atau 4.572 relawan akibat selalu merokok.

* Tips : mulai sekarang, hentikan kebiasaan merokok Anda, sebab rokok itu mengandung berbagai zat kimia dan apabila masuk ke organ manusia, maka zat kimia tadi akan bereaksi dengan zat kimia di organ tersebut. Sebaiknya ubahlah kebiasaan merokok dengan rutin mengonsumsi buah-buahan serta minuman jus buah dengan manfaat di dalamnya tentu akan menjaga kesehatan tubuh.

5.) Suka Minuman Bersoda


Nikmatnya minum minuman bersoda, terlebih ketika di siang hari sedang panas-panasnya dan Anda minum minuman ini, maka sensasi segar terpancar setelah meminumnya. Akan tetapi, berdasarkan penelitian terakhir oleh The Nurses’ Healthy Study II menyebutkan bahwa relawan dengan konsumsi minuman bersoda setiap hari memiliki resiko lebih besar dibandingkan dengan relawan yang tidak menyukai minuman bersoda. Kandungan pada minuman bersoda seperti gula simpleks ternyata mudah dicerna oleh tubuh, sehingga Anda akan mencari makanan yang lain karena mudah lapar.

* Tips : Ubahlah kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya ganti minuman itu dengan jus buah atau sayur rendah gula.

6.) Tidak Mampu Mengontrol Stress


Setiap orang mengalami tingkat stress masing-masing, namun perbedaan orang satu dengan orang lainny adalah kemampuan dalam mengontrol stress. Ketika stress datang, kandungan gula darah akan meningkat, tubuh sudah menjawab respon tersebut dengan menetralkan kadar gula darah oleh hormon ginjal. Selain itu, produksi hormon epinephrine dan kortisol akan meningkat dan berfungsi menetralkan kadar gula darah dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula darah menjadi pemicu munculnya diabetes. Apabila stress dapat dikontrol, maka Anda akan selalu sehat jasmani dan rohani.

* Tips : Kurangi tingkat stress Anda dengan meluangkan waktu sejenak untuk bermain, relaksasi dengan mengonsumsi teh hijau atau berbincang-bincang dengan teman.

7.) Malas Berolahraga


Menjaga kesehatan tidak semudah diucapkan, butuh pengorbanan, salah satunya adalah dengan beraktivitas fisik maupun berolahraga guna mengurangi lemak-lemak yang menempel di bawah kulit. Menurut informasi dari WHO mengungkapkan bahwa kawasan Asia akan mengalami peningkatan hingga 90% untuk penderita diabetes. Kesimpulannya, orang-orang malas berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya mengalami resiko terkena diabetes semakin besar.

8.) Kurang Tidur


Kurang tidur juga menyebabkan gangguan kesehatan, seperti Insomnia dan diabetes. Khusus untuk diabetes, penderita dilarang tidur terlalu malam. Hal ini karena kurang tidur dapat mempengaruhi kualitas metabolisme. Metabolisme merupakan proses-proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Hasil riset membuktikan bahwa tidur kurang dari 3 jam setiap hari dapat menurunkan fungsi metabolisme, menurunnya fungsi metabolisme juga berdampak terhadap kemampuan tubuh untuk mengolah glukosa yang menurun drastis, sehingga kurang tidur dapat mengganggu kesehatan Anda ......

* Tips : luangkan waktu sejenak (+- 30 menit) untuk beristirahat, karena dari hasil penelitian terakhir mengungkapkan bahwa tidur siang (+- 30 menit) sehari ternyata bagus untuk memaksimalkan sistem metabolisme.

Itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab diabetes. Diabetes terbagi menjadi dua jenis, namun jumlah penderita diabetes saat ini disebabkan karena pola hidup yang salah dan malas berolahraga. Dengan menerapkan beberapa tips sederhana dari saya, Anda bisa menghindarkan diri dari penyakit mematikan ini.

Baca juga : Makanan Ajaib Penurun Gula Darah Manusia







Referensi : http://doktersehat.com/10-kebiasaan-penyebab-diabetes

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter