-->

10 Manfaat Minum Teh Secara Rutin

Post a Comment

10 Manfaat Minum Teh Secara Rutin

Foto : theodysseyonline.com

Katanya, minum teh secara rutin dapat menurunkan berat badan yah ??? Katanya minum teh di waktu yang salah justru berbahaya bagi tubuh ya ??? Katanya, teh itu lebih baik daripada kopi ya ??? Lalu apa benar teh mengandung banyak manfaat ketika dikonsumsi secara rutin ??? Sebelum kita pelajari lebih jauh mengenai manfaat minum teh secara rutin, ada baiknya kita mengetahui seluk-beluk dan sejarah dari teh.

Teh merupakan minuman tradisional yang diproses dari daun kering yang kemudian direbus dengan air panas. Teh pertama kali ditemukan di Jepang sekitar abad ke 10 dan sejak saat itu dijadikan tradisi minum teh di sana. 

Lambat laun persebaran teh pun menyebar keluar Jepang seiring pergantian era dan penyebarannya sampai seluruh wilayah di dunia kita pun sudah mengenal apa itu teh. Teh sendiri mengandung manfaat luar biasa ketika kita mengonsumsinya, karena dari hasil penelitian terakhir menyebut jika teh kaya kandungan Antioksidan. 

Sementara itu, minuman teh masuk ke Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Jepang yang menjajah Indonesia (1942). Zaman dahulu tak banyak orang yang dapat menikmati nikmatnya tegukan teh karena di masa itu harga teh sangat mahal, namun sekarang teh bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja. Meminum teh secara rutin ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh, apa sajakah manfaat minum teh secara rutin ????

Manfaat Minum Teh Secara Rutin

Foto : solusisehatku.com

Selain kaya kandungan Antioksidannya, teh juga mengandung vitamin A, B, C, D, E, Kafein, polifenol, magnesium, zink, potasium, fluorida, asam lemak essensial dan kandungan lainnya yang berkhasiat menjaga kesehatan. Manfaat yang didapatkan akan terasa setelah meminum segelas teh hangat, berikut 10 manfaat minum teh secara rutin :

1.) Teh Mampu Menurunkan Berat Badan

Asam lemak essensial merupakan sejenis lemak yang memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti menyehatkan organ otak, menjaga jantung dari penyakit, serta mampu meningkatkan kecerdasan anak. Asam lemak essensial dapat kita jumpai pada ikan laut (tuna, sarden, salmon,  biji rami, telur, kacang-kacangan (walnut, almond, mete, kenari), sayur bayam, minyak zaitun, daging sapi, minyak ikan, susu kambing dan susu sapi.

Jangan salah, teh ternyata juga mengandung lemak essensial yang baik bagi tubuh. Dalam teh terkandung asam lemak essensial yang baik bagi tubuh untuk melarutkan lemak berlebih sehingga dapat menurunkan berat badan serta dapat memperlancar proses pencernaan. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dengan rutin minum teh yang berkhasiat menjaga kesehatan Anda.

2.) Teh Juga Dapat Menurunkan Gula Darah

Dari hasil penelitian terakhir menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi teh, terutama teh hijau dan oolong maka resiko terkena penyakit Diabetes semakin kecil. Hal ini disebabkan karena kandungan teh seperti Antioksidannya dapat mengaktifkan organ pankreas untuk memproduksi hormon Insulin yang berguna dalam merubah gula menjadi energi. Tentu kabar ini menggembirakan semua orang, termasuk Anda yang merupakan pecinta teh. Manfaat yang didapat dari teh karena proses penyeduhannya yang tepat, sehingga jika salah dalam menyeduh teh maka kandungan pada teh akan berkurang.

3.) Teh Mampu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Stroke dan Kanker

Berbagai pekerjaan yang terlalu berat akan membuat pikiran Anda merasa tidak tenang dan gelisah. Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya Anda minum teh hangat karena aroma dari essensial oil akan menenangkan pikiran Anda dan terhindar dari namanya stress akbiat kerja. Jangan salah, stress yang tidak bisa dikontrol dapat menyebabkan stroke ringan hingga berat.

Penyakit jantung, stroke dan kanker merupakan tiga penyakit paling mematikan saat ini, faktor gaya hidup yang salah menjadi alasan utama mengapa ke-3 penyakit ini muncul. Maka dari itu, mulailah merubah gaya hidup Anda dengan makan makanan seimbang dan bila perlu konsumsi teh hangat guna mencegah maupun menghambat penyakit mematikan di atas. 

Kandungan polifenolnya yang cukup tinggi akan membantu memperlancar aliran darah yang tersumbat oleh kolesterol dan sampah-sampah organik yang tidak berguna di sekitar peredaran darah jantung. Sementara kandungan quercetin, myricetin,  flavaniod dan kaempferol pada teh mampu menyehatkan kesehatan jantung. Sementara penyakit kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi teh yang kaya kandungan Antioksidan.

4.) Teh Ternyata Juga Dapat Membuang Racun-Racun Dalam Tubuh

Minum teh hangat ternyata juga mampu mendetoksifikasi racun-racun berbahaya dalam tubuh, karena teh hangat akan memperlancar proses pencernaan termasuk melarutkan racun dan membuangnya. Se;ain teh hangat, cara lain untuk mendetoksifikasi racun adalah mengonsumsi air minum di pagi hari, minum air rebusan daun sukun kuning, dan masih banyak lagi.

5.) Meningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan selain mampu mencegah kanker juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh perlu dijaga mengingat sekarang ini cuaca tidak menentu. Ternyata teh mengandung Antioksidan yang tinggi dan antioksidan setelah diteliti kandungannya lebih banyak 100x dari vitamin C. Dengan mengonsumsi teh secara rutin akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

6.) Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala dapat diobati dengan minum teh hangat, karena dalam terkandung kafein yang berfungsi meredakan sakit kepala, walaupun kandunngan kafein pada teh lebih sedikit daripada kopi. Maka tak heran masih banyak orang lebih baik minum teh daripada minum obat.

7.) Teh Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan di luar negeri mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh minimal 2 kali sehari menunjukkan kadar kolesterol pada manusia mengalami penurunan. Hal in dikarenakan kandungan polifenol dan asam lemak essensialnya yang mampu mengencerkan kolesterol. Kolesterol disebabkan karena terlalu banyaknya lemak jahat dalam tubuh. Maka dari itu, usahakan Anda untuk selalu mengonsumsi teh setiap hari.

8.) Menjaga Kesehatan Mata

Teh juga mengandung vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata serta Antioksidan yang tinggi untuk melindungi mata dari paparan radiasi, seperti cahaya matahari dan debu. Penting sekali, sebab kekurangan vitamin A walaupun sedikit selain mengganggu penglihatan juga menyebabkan timbulnya penyakit pencernaan, penyakit kulit seperti kulit terasa kasar serta menghambat pertumbuhan.

9.) Menjaga Tulang dan Gigi

Flourida yang terkandung dalam teh ternyata mampu menjaga kesehatan gigi dengan cara menghambat pembentukan karang gigi yang berpotensi merusak gigi Anda. Bahkan penyakit gigi dan gusi akan terhindar setelah rutin mengonsumsi teh. Selain menjaga kesehatan gigi, teh juga dapat memberikan nafas harum. Sementara itu, teh juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan serta menguatkan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan, ada baiknya kita selalu menawarkan untuk minum teh.

10.) Mengganti Sel-Sel yang Rusak

Sel dalam tubuh manusia sangat rentan terjadi kerusakan, untuk memperbaiki sel rusak diperlukan protein yang diperlukan dalam regenerasi sel. Ternyata teh juga dapat mengaktifkan hormon di dalam tubuh untuk menghasilkan sel secara cepat, walaupun teh mengandung protein dalam kadar sedikit tapi protein tersebut sangat diperlukan dalam pembuatan sel-sel baru.

Efek Samping Mengonsumsi Teh Secara Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, dan memang betul kalimat tersebut jika sesuatu yang terlalu banyak tidak akan mendapat manfaat, termasuk mengonsumsi teh. Minumlah teh secukupnya maksimal 2 gelas setiap hari untuk menghindari beberapa efek samping yang akan Anda dapatkan ketika minum teh melebihi batas wajar diantaranya :

1.) Susah tidur

Kendati kandungan kafein pada teh jauh lebih sedikit daripada kopi, namun jika Anda terlalu banyak juga akan meningkatkan kafein dalam tubuh. Kafein yang terlalu banyak akan membuat Anda mengalami gangguan tidur, seperti susah untuk tidur, tidur yang kurang berkualitas, hingga terserang gejala insomnia. Himbauan bagi Anda yang sedikit sensitif terhadap kafein, jangan terlalu banyak minum teh.

2.) Akan Mengalami Ketergantungan

Sama halnya dengan kopi apabila sering dikonsumsi akan menyebabkan ketergantungan, demikian halnya dengan secangkir teh. Kafein termasuk zat stimulan dan apabila dikonsumsi terlalu banyak akan membuat ketergantungan. Orang yang sudah ketergantungan akan terlihat lemas, kurang berkonsentrasi, dan sakit kepala ketika meninggalkan kebiasaan itu.

3.) Terkena Penyakit Anemia (Kekurangan darah)

Anemia atau kekurangan darah juga akan menyerang Anda tatkala Anda terlalu banyak minum teh. Dilansir dari laporan Colorado State University mengungkapkan bahwa kandungan tanin pada teh akan mengikat zat besi dalam tubuh serta akan mengurangi proses penyerapan zat besi sebanyak 60% di dalam tubuh. Akibatnya tubuh kekurangan darah dan biasanya akan mengalami pusing kepala karena asupan darah ke otak kurang. Sementara bagi Anda yang tengah mengandung buah hati, disarankan untuk menghindari minuman ini karena dapat menyebabkan janin yang lahir akan kekurangan darah dan zat besi.

4.) Menghambat Produksi ASI

Ternyata salah satu faktor sedikitnya ASI yang keluar disebabkan pola hidup yang salah dengan terlalu banyak minum teh. Dari hasil penelitian, teh akan menghambat produksi ASI. Jadi jangan biarkan Anda menyesal di akhir, serta membiarkan buah hati Anda kekurangan ASI eksklusif.

5.) Menyebabkan Dehidrasi

Minum teh terlalu banyak juga akan mempengaruhi kadar cairan dalam tubuh. Hal in karena teh memiliki sifat diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil, sehingga teh tidak disarankan untuk diminum ketika berolahraga maupun sedang sakit.

6.) Meningkatkan Resiko Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan menumpuknya zat Oxalate, dan ternyata zat ini juga terdapat pada teh sehingga jika Anda terlalu banyak minum teh akan menumpuk zat Oxalate dan memicu timbulnya penyakit batu ginjal.

7.) Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Produksi asam lambung akan meningkat ketika kita terlalu banyak minum teh serta meminumnya di saat perut kosong. Asam lambung yang berlebih akan beresiko terkena gangguan pada lambung seperti maag, gastritis, dll. Stop kebiasaan minum teh terlalu banyak atau Anda akan merasakan perihnya hidup dan menahan perihnya asam lambung.

Itulah 10 manfaat minum teh secara rutin dan efek samping mengonsumsi teh secara berlebihan. Teh memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan Anda.



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter