-->

Makanan Ajaib Penurun Gula Darah Manusia

Post a Comment

Makanan Ajaib Penurun Gula Darah Manusia

Makanan penurun gula darah
Foto : opto.ca

Makanan Ajaib Penurun Gula Darah Manusia ~ Diabetes termasuk ke daftar 10 penyakit paling mematikan di dunia, bahkan WHO memprediksi angka penderita Diabetes di tahun 2030 bisa mencapai 21,3 juta jiwa. Memperbaiki pola hidup sehat serta rutin berolahraga merupakan tips mudah untuk mencegah Diabetes. Namun masih banyak orang di sekitar kita maupun Anda sendiri yang tidak menjalankan pola hidup sehat dan rutin berolahraga. Akibatnya kandungan gula darah dalam tubuh akan meningkat dan potensi terkena diabetes semakin tinggi.

Apa Itu Gula Darah ??


Gula darah merupakan sejenis gula yang nantinya akan dirubah menjadi tenaga oleh hormon insulin. Apabila gula tersebut belum sempat diubah, maka akan disimpan sebagai cadangan makanan. Namun apabila kita selalu mengonsumsi makanan dengan jumlah gula cukup tinggi ternyata dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini sangat berbahaya apabila sudah menyerang seseorang, tidak peduli usia Anda penyakit ini wajib kita waspadai.  Parahnya lagi, hasil statistik menunjukkan bahwa 60% pengidap diabetes tidak mengetahui bahwa mereka terkena penyakit diabetes dan baru menyadari ketika sudah memasuki tahap kompilkasi. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui gejala datangnya penyakit diabetes ??? Anda bisa baca artikel sebelumnya di bawah ini....

Baca juga artikel ini : Apa Sih Itu Diabetes Mellitus ??

Gula darah menjadi perhatian utama bagi Anda yang ingin terhindar dari diabetes. Berapa sih nilai kadar gula normal pada manusia ??? Dikutip dari alodokter.com menerangkan bahwa jumlah gula darah normal manusia seperti berikut :

  • Sebelum makan = 70-130 mg/dL
  • Ketika berpuasa = kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur = 100-140 mg/dL
  • Dua jam setelah makan = kurang dari 180 mg/dL.
makanan penurun gula darah
Alat untuk menghitung kadar gula darah
Foto : alattesguladarah.com

Makanan Ajaib Penurun Gula Darah


Diabetes dapat menyerang siapapun apabila tidak mampu menjalankan pola hidup sehat dan malas berolahraga. Bagi Anda yang positif mengidap penyakit ini, tidak ada cara lain lagi selain melakukan diet karbohidrat dan minum obat penurun gula. Namun, Anda masih bisa mengobati penyakit diabetes dengan cara mengonsumsi makanan berikut ini. Kadar gula dalam tubuh Anda bisa diturunkan apabila mengonsumsi makanan ini secara rutin.
Berikut makanan penurun gula darah yang ampuh serta mudah didapatkan :

1.) Pare


Makanan penurun gula darah pertama adalah pare. Ternyata masih banyak loh orang yang tidak suka mengonsumsi makanan ini dikarenakan rasanya begitu pahit. Namun jangan salah jika pare sangat baik dalam menurunkan gula darah. Pasalnya dibalik rasa pahitnya, pare menyimpan sejuta manfaat, salah satunya adalah menurunkan gula darah tinggi dalam tubuh. Selain dikonsumsi untuk menurunkan gula darah, ternyata pare memiliki manfaat lain seperti menyembuhkan penyakit disentri, kencing nanah, cacingan, sembelit, liver dan masih banyak lagi. Proses pembuatannya adalah dengan cara direbus dan diminum air rebusannya.

2.) Teh Hijau dan Jenis Teh Lainnya


Teh hijau menjadi alternatif dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan pada teh terbukti ampuh dapat merangsang pankreas untuk menghasilkan hormon insulin lebih banyak. Hormon insulin berfungsi dalam merubah gula menjadi energi. Ternyata teh memiliki manfaat luar biasa ketika dikonsumsi secara rutin seperti meredakan stress, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan masih banyak lagi.


3.) Konsumsi Makanan Berserat


Makanan berserat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian terbukti ampuh dalam mengurangi kadar gula darah berlebih. Kandungan seratnya berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan, selain itu serat juga dapat mengaktifkan organ pankreas dalam menghasilkan hormon Insulin. Ketika Anda mengonsumsi sayuran setiap hari, maka resiko terkena diabetes dapat diturunkan sebesar 14%. Salah satu makanan berserat adalah jenis keluarga biji-bijian seperti kacang tanah, kacang hijau, biji kedelai, biji rami dan jenis kacang-kacangan lainnya dapat mengatasi jumlah gula berlebih.

4.) Ikan Laut


Ikan laut ternyata sangat baik untuk Anda penderita diabetes karena beberapa dari ikan laut mengandung zat Omega 3 dan zat ini sangat ampuh dalam menurunkan gula darah. Selain dapat menurunkan kadar gula darah berlebih, Omega 3 juga mampu menjaga kadar gula darah normal manusia. Protein pada ikan laut akan membuat kenyang lebih lama dan Anda tidak perlu makan makanan tambahan/cemilan lagi.

5.) Telur


Walaupun mengandung kolesterol cukup tinggi, namun telur mengandung protein yang dapat menurunkan gula darah. Kandungan protein pada telur mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi telur dengan cara direbus merupakan cara sehat mengonsumsi telur tanpa khawatir kandungan kolesterolnya.

6.) Tambahkan Bawang Putih di Setiap Masakan


Bawang putih termasuk salah satu jenis rempah yang memberikan efek hangat setelah mengonsumsinya serta baik untuk penderita Diabetes. Pasalnya senyawa pada bawang putih seperti allicin dan alilpropil disulfida akan membantu menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh dengan cara menghancurkan gula yang tidak terpakai. Mengonsumsi bawang putih sebelum makan diyakini ampuh dalam menormalkan kadar gula darah.

7.) Konsumsi Sayuran Brokoli


Sayuran brokoli juga efektif untuk menurunkan gula darah pada tubuh karena mengandung zat Antioksidan yang dapat merangsang kinerja pankreas untuk memproduksi hormon Insulin lebih banyak lagi. Sayuran brokoli sering kita jadikan dalam menu masakan yang enak. Manfaatnya yang luar biasa dalam menurunkan gula darah membuat sayuran ini sering dikonsumsi oleh penderita. Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami peningkatan gula darah, ada baiknya menambahkan sayuran brokoli ke dalam masakan.

8.) Cabai


Di Indonesia terkenal dengan berbagai sambalnya, tidak enak jika tidak menambahkan sambal pada makanan, Anda pun juga berpikir seperti itu ?? Kabar baik bagi Anda pecinta makanan pedas, karena dari hasil penelitian terakhir membuktikan bahwa cabai mampu menurunkan serta menjaga kadar gula darah di angka normal. Kandungan pada cabai, seperti Capcaisin ternyata mampu merangsang organ pankreas dalam menghasilkan hormon insulin, sehingga produksi insulin dapat dioptimalkan dan gula dapat diubah menjadi tenaga oleh tubuh.

Sementara itu kandungan vitamin C pada cabai juga dapat memperkuat organ-organ tubuh dari virus-virus tertentu. Tapi perlu diingat, bahwa mengonsumsi cabai terlalu banyak akan berdampak terhadap kondisi lambung Anda. Penderita gangguan lambung seperti maag dan gastritis disarankan untuk membatasi makan makanan terlalu pedas.

9.) Makan Buah Alpukat Secara Rutin


Mengonsumsi buah alpukat merupakan anjuran dokter bagi penderita diabetes untuk menurunkan gula darah tinggi. Kandungan asam lemak tak jenuh pada alpukat berguna dalam menyeimbangkan kadar gula, sehingga jumlah gula darah dalam tubuh akan seimbang/normal. Resiko diabetes dapat menurun setelah mengonsumsi buah alpukat secara rutin. Bahkan dari hasil penelitian terakhir menunjukkan, kandungan asam lemak tak jenuh disertai diet karbohidrat tinggi dapat menormalkan gula darah. Maka dari itu cobalah Anda untuk mengonsumsi buah ini setiap hari.

10.) Konsumsi Ketan Hitam


Ketan hitam mengandung sifat Antioksidan yang cukup tinggi serta sifatnya anti-inflamasi ternyata mampu mencegah gula darah naik. Selain itu, kandungan pada ketan hitam juga dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer, tumor ganas, kanker, kerusakan sel hati, dan proses penuaan dini.

11.) Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks


Penyebab munculnya penyakit diabetes salah satunya mungkin Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, ternyata jenis karbohidrat ini mudah dicerna oleh tubuh. Akibatnya, produksi gula darah semakin banyak dan akhirnya menumpuk dalam darah. Untuk mengatasi hal tersebut, mulai sekarang gantilah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana (seperti nasi putih, mie instan dan makanan yang terbuat dari tepung lainnya) dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sereal, roti tawar, biskuit gandum, bubur kacang hijau, bubur gandum, beras merah, beras ketan, oat meals, buah dan masih banyak lagi.

Karbohidrat kompleks ternyata membutuhkan waktu lebih lama ketika dicerna oleh lambung, makanan ini mengandung banyak nutrisi namun sedikit kandungan gulanya sehingga sangat ampuh dalam menurunkan gula darah yang tinggi. Peneliti meyakini bahwa kandungan serat dan karbohidrat kompleks mampu mengurangi serta dapat menormalkan gula darah Anda.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah yang terbukti menurunkan kadar gula darah berlebih berdasarkan hasil penelitian terakhir. Setelah mengetahui bahwa diabetes itu sulit diketahui gejalanya, kita semakin waspada dalam memilih makanan serta rutin berolahraga. Semoga artikel ini membantu Anda yang mencari makanan cocok untuk diabetes.

*Tips : Kendati makanan di atas bermanfaat dalam menurunkan gula darah, namun jika Anda sendiri masih melakukan beberapa kebiasaan buruk juga tidak ada perubahan. Maka dari itu, saya menyarankan Anda untuk membaca artikel di bawah ini juga....








Referensi : http://www.alodokter.com/makanan-penurun-gula-darah-ternyata-mudah-didapat

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter