-->

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi

Post a Comment

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi
Foto : health.liputan6.com

Kenali Tanda-Tanda Dehidrasi ~ Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain. Kendati masalah ini termasuk sepele, namun dehidrasi menjadi penyakit mematikan bagi anak di dunia dengan merenggut sekitar 700 ribu jiwa anak setiap tahunnya. Terlalu sedikitnya asupan cairan menjadi alasan utama seseorang terkena dehidrasi. Oleh karena itu, penuhi asupan cairan dengan minum air minimal 8 gelas/hari. Sudahkah Anda mengonsumsi air 8 gelas setiap hari ??

Statistik Penderita Dehidrasi

Air merupakan salah satu unsur kehidupan, tanpa adanya air maka semua makhluk hidup akan mati. Begitupun dengan manusia apabila tidak pernah memenuhi cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi berat yang berujung pada kematian. Tidak sedikit kasus orang-orang meninggal dikarenakan dehidrasi berat. Sekitar 2/3 bagian tubuh manusia terdiri dari cairan dan cairan ini akan dibuang dalam bentuk keringat (di suhu panas) atau berupa air kencing (terutama di cuaca dingin). Berdasarkan statistik terakhir menyebutkan bahwa masyarakat negara di Asia ternyata kurang memenuhi asupan cairan setiap hari.

Hal ini didasarkan pada penelitian di Negara Hongkong yang menyebutkan bahwa masyarakat hanya minum air sekitar 4 sampai 5 gelas/hari. Sementara di Negara Singapura hanya mengonsumsi asupan cairan sekitar 5 sampai 6 gelas/hari. Di Indonesia pun tak jauh beda di mana masyarakat bahkan mengonsumsi air rata-rata 4,5 gelas saja setiap hari. Faktor kesibukan bekerja, kesulitan mendapatkan air serta ketidaktahuan menjadi faktor utama mengapa masyarakat termasuk Anda yang tidak memenuhi asupan cairan secara cukup.

Fakta Mengerikan Dibalik Dehidrasi

Ternyata ada fakta mengerikan dibalik dehidrasi, Anda pun akan tercengang ketika mendengar fakta bahwa sekitar 750.000 anak meninggal setiap tahun dikarenakan gejala dehidrasi dan diare. Ternyata Diare termasuk salah satu 10 penyakit paling mematikan saat ini. Diare menyebabkan tubuh seseorang mengalami dehidrasi dan apabila tidak diimbangi dengan minum air secara cukup dapat menyebabkan dehidrasi berat yang berujung pada kematian. Dalam penelitian terakhir menyebutkan bahwa manusia akan meninggal dalam hitungan hari apabila tidak pernah minum air. Tentu kebiasaan sepele namun mematikan ini harus segera dicegah dengan memenuhi asupan cairan secara cukup.

Cara Mengetahui Apakah Anda Terkena Dehidrasi


Dehidrasi dapat menyerang siapapun termasuk Anda dan penulis yang disebabkan kurangnya asupan cairan yang masuk dibandingkan cairan yang keluar. Cara mengetahui bahwa Anda terkena dehidrasi adalah rasa kehausan atau bisa dari warna air kencing. Ternyata munculnya rasa haus menjadi indikator alami bahwa Anda kehilangan cairan dalam jumlah banyak, Anda pernah berolahraga ?? Setelah berolahraga, minuman apakah yang pertama kali Anda minum ?? Apakah minuman es atau air putih ??

Minum air setelah berolahraga ternyata bagus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dibandingkan minum air es. Hal ini karena minum air putih dapat memenuhi cairan tubuh dalam waktu singkat, beda dengan air es yang butuh waktu lama. Selain itu, minum es setelah berolahraga dapat memberatkan kerja ginjal. Cara paling ampuh mengetahui apakah Anda terkena dehidrasi adalah warna air kencing. Air kencing yang berwarna bening menandakan Anda telah mencukupi asupan cairan, sedangkan ketika air kencing berwarna kuning pekat menunjukkan bahwa Anda terkena dehidrasi. Selengkapnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi
Foto : safetysign.co.id
Indikasi seseorang terkena dehidrasi dari perubahan warna urin

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi

Berbicara tentang dehidrasi, dehidrasi terdiri dari dua yakni dehidrasi ringan dan dehidrasi berat. Pada dehidrasi ringan, Anda masih bisa menanganinya sendiri dengan minum air secara cukup. Namun apabila sudah memasuki tahap dehidrasi berat segera periksakan diri ke dokter.

Tanda-Tanda Dehidrasi Ringan

1. Merasa Haus

Rasa haus menjadi indikator alami untuk segera minum air guna menyeimbangkan cairan tubuh. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan tubuh ketika beraktivitas atau berolahraga. Cairan yang keluar biasanya berupa keringat ataupun air kencing.

2. Air Kencing Berwarna Kuning

Air kencing yang berwarna bening kekuningan hingga kuning pekat menandakan bahwa Anda terkena dehidrasi. Mengapa air kencing bisa berwarna kekuningan ??? Manfaat air salah satunya adalah untuk melarutkan racun-racun dan mengeluarkannya dalam tubuh berupa keringat atau air kencing. Ketika Anda jarang minum air, maka racun-racun pun akan mengendap di dalam tubuh. Ketika kencing, organ ginjal akan memaksakan air yang sedikit tadi untuk membawa racun-racun dalam jumlah yang banyak yang akhirnya keluarlah air kencing tadi berwarna kekuningan, warna kuning ini menandakan racun-racun di dalam tubuh.

3. Mulut Kering

Mulut menjadi kering serta menimbulkan nafas bau juga menjadi tanda-tanda seseorang terkena dehidrasi. Dengan minum air, maka dapat melembabkan serta melarutkan bakteri di sekitar mulut.

4. Hilang Fokus Atau Konsentrasi Menurun

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan hilangnya fokus seseorang. Apabila Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan baik bisa dikatakan Anda terkena dehidrasi dan segera meminum air supaya cairan tubuh seimbang. Kurangnya cairan ternyata dapat menggangu aktivitas otak, salah satunya adalah fungsi otak untuk berkonsentrasi. Mungkin karena itulah banyak produk air minuman menyebutkan bahwa kurang minum dapat menyebabkan kehilangan fokus dan konsentrasi.

5. Sembelit

Sembelit merupakan gejala feses menjadi padat atau konstipasi, hal ini disebabkan karena faktor makanan maupun kekurangan cairan. Konstipasi dapat menyebabkan BAB berdarah, ambeien hingga kanker anus. Ketika Anda mengonsumsi sayuran maupun minum air secara cukup dapat mencegah feses menjadi padat. Itu karena serat membantu melancarkan proses pencernaan dan air yang dapat membantu feses terdorong keluar.

6. Sakit Kepala

Sakit kepala juga menunjukkan Anda terkena dehidrasi ringan. Sering sekali orang-orang yang jarang minum air merasakan sakit kepala. Hal ini disebabkan kurangnya kadar oksigen di dalam otak, dan air mengandung kadar oksigen yang baik bagi kesehatan otak.

7. Kulit Kering dan Kusam

Kulit kering menandakan seseorang terkena dehidrasi juga, hal ini disebabkan kulit kekurangan cairan hingga menyebabkan kelenturan kulit berkurang serta menjadi kering dan kusam.

Sementara untuk dehidrasi berat dapat dikenali dari tanda-tanda berikut ini :

Tanda-Tanda Dehidrasi Berat

1. Muntah Disertai Darah

Ketika sudah memasuki tahap dehidrasi berat, seseorang bisa saja mengalami muntah-muntah disertai darah yang disebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, sistem syaraf pusat dan sistem pencernaan.

2. Kejang-Kejang

Ketika jarang minum air, dapat menyebabkan kejang-kejang. Hal ini karena kekurangan cairan mampu menyebabkan gangguan pada syaraf-syaraf di otak hingga tubuh pun tidak dapat mengendalikan diri dan akhirnya tubuh mengalami kejang-kejang.

3. Jantung Bedetak Cepat

Ketika dehidrasi sudah memasuki tahap berat, biasanya ditandai dengan denyut jantung yang cepat tanpa diketahui alasannya. Denyut jantung dapat berdetak dengan cepat tatkala Anda jarang minum air secara cukup.

4. Napas Cepat

Begitupun dengan organ pernafasan yang mulai terganggu akibat dehidrasi berat, salah satunya adalah nafas yang begitu cepat dikarenakan akibat dehidrasi berat yang menyebabkan kerja tubuh tidak mampu menjalankan organ secara normal.

5. Tekanan Darah Rendah

Kurangnya cairan dalam tubuh secara ekstrem ternyata dapat mempengaruhi tekanan darah manusia. Hal ini mungkin disebabkan kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh seseorang mudah lemas dan berpengaruh terhadap tekanan darahnya. Anda pun juga bisa mendeteksi dini ke dokter-dokter terdekat.

6. Mata Cekung

Pada dehidrasi berat, Anda harus mewaspadai ketika bentuk mata Anda terlihat lebih cekung, hal ini disebabkan karena kekurangan cairan di dalam tubuh sehingga cairan di dalam mata pun ikut berkurang yang menyebabkan perubahan bentuk mata yang sebelumnya cembung menjadi cekung. Bagi Anda mengalami hal tersebut, maka minumlah air secara cukup untuk memenuhi asupan cairan.

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Dehidrasi
Foto : intisari.grid.id

Itulah beberapa tanda-tanda seseorang terkena dehidrasi, ternyata dehidrasi menjadi penyakit mematikan apabila kita tidak tahu cara mengatasinya. Untuk tanda-tanda dehidrasi ringan, kita dapat menanganinya sendiri dengan minum air sebanyak mungkin atau minimal sekitar 8 gelas setiap hari. Sementara ketika dehidrasi sudah memasuki tahap serius, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Dehidrasi merupakan penyakit mematikan yang membunuh anak sekitar 750.000 setiap tahunnya. Oleh karena itulah, ajaklah anak, keluarga, saudara dan teman Anda untuk selalu mencukupi asupan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.



Baca juga artikel berikut :






Sumber : https://halosehat.com/penyakit/gejala/gejala-dehidrasi


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter