-->

Bahaya Mie Instant Bagi Kesehatan

Post a Comment

Foto : blog.act.id

Bahaya Mie Instant Bagi Kesehatan ~ Mie merupakan salah satu menu makanan yang digemari masyarakat Indonesia, khususnya bagi mahasiswa dikarenakan harganya yang terjangkau. Mungkin Anda termasuk orang yang menyukai mie instant ?? Tapi, dibalik rasa nikmat, gurih, dan harganya yang terjangkau tersimpan bahaya yang dapat mengganggu organ penting di masa depan. Jangan sampai kita “menukar” kesehatan dengan rasa nikmat dari mie instant begitu saja, karena dalam hasil penelitian menyebutkan bahwa mie instant berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Lalu, apa sajakah bahaya mengonsumsi mie instant secara berlebihan ???

# Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Berlebihan


Foto : arieover.wordpress.com

Mie merupakan menu makanan yang enak dan terjangkau, maka tak heran jika mahasiswa sering mengonsumsi mie instant guna menghemat biaya pengeluarannya. Namun tak banyak yang kita ketahui jika dalam satu bungkus mie instant terkandung zat 2x kimia berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh serta bisa berakibat fatal dengan munculnya sel kanker.

Banyak diantara kita yang sarapan mie instant setiap hari, padahal menurut anjuran dokter, mie instant jangan dikonsumsi di waktu pagi (sarapan) karena tidak memiliki nilai gizi secara optimal. Minimal konsumsi mie instant adalah 2 hari sekali, namun kenyataannya di masyarakat saat ini masih terkesan “acuh” dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi mie instant 3 kali sehari. 

Kebiasaan buruk tersebut selain tidak mendapat nilai gizi yang cukup juga berdampak pada kesehatan. Berikut beberapa bahaya mie instant jika dikonsumsi secara berlebihan ;

1.) Menyebabkan Penyakit Stroke

Penyakit stroke disebabkan oleh kolesterol jahat yang menempel dan menyumbat dinding saluran peredaran darah. Eitss, jangan salah, ternyata mengonsumsi mie instant setiap hari dapat meningkatkan kolesterol jahat, kandungan lemaknya yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat memicu munculnya stroke ringan. Selain stroke, kandungan kolesterol jahat yang tinggi juga memicu terjadinya penyakit jantung.

2.) Diabetes

Mie instant terbuat dari tepung dengan kandungan di dalamnya yaitu glukosa sederhana dalam jumlah yang banyak. Glukosa sederhana inilah yang membuat kita mudah lapar walaupun sudah makan mie instant, mengapa ?? Sebab glukosa sederhana mudah dicerna oleh tubuh, namun hanya sedikit tenaga yang didapat dari glukosa sederhana. Beda halnya jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa kompleks, seperti gandum, oat, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

Jika Anda selalu mengonsumsi mie, bukan tidak mungkin Anda akan makan lagi dengan makanan yang mengandung glukosa, hal ini berdampak terhadap peningkatan kadar gula dalam tubuh yang berpotensi terkena penyakit diabetes.

Saat mengkonsumsi mie, pankreas akan mengeluarkan insulin untuk mencerna mie instant, berhubung mie instant membutuhkan waktu lebih dari 2 jam, sehingga akan berdampak terhadap berkurangnya insulin dalam tubuh yang menyebabkan penyerapan gula menjadi tenaga tidak berjalan secara optimal, gejala ini sering dinamakan diabetes tipe-2.

3.) Menyebabkan Obesitas

Obesitas / kegemukan dapat terjadi ketika seseorang makan dalam porsi besar, serta mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Mengonsumsi mie secara berlebihan juga bisa menyebabkan seseorang terkena obesitas, hal ini karena hampir kandungan terbanyak pada mie instant adalah karbohidrat dan lemak.

4.) Menyebabkan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Dibalik rasa gurihnya dari mie yang kita masak, ternyata terkandung garam dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi atau “Hipertensi”. Penyakit ini menyebabkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung dan sebaliknya. Konsumsi garam secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan ginjal karena ginjal harus bekerja lebih keras dalam menetralisir kadar garam berlebih.

5.) Luka Pada Usus

Mie instant mengandung zat pengawet dan apabila sering dikonsumsi, maka zat pengawet itu akan masuk ke sistem pencernaan hingga pada akhirnya akan mengganggu kinerja usus dalam mencerna makanan. Tak jarang, orang yang mengonsumsi mie secara berlebihan mengalami luka atau iritasi di daerah usus dan berdampak terhadap kanker usus. Zat pengawet pada mie instant sangatlah tinggi bahkan juga memicu timbulnya zat karsinogen (zat pemicu kanker).

6.) Menyebabkan Tubuh Kekurangan Gizi (Malnutrisi)

Mengonsumsi mie setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan malnutrisi atau kekurangan gizi. Hasil penelitian mengungkapkan jika mie instant sama sekali tidak mengandung nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga seseorang akan kekurangan gizi seiring berjalannya waktu.

7.) Menyebabkan Gangguan Saraf Otak

Menyantap mie instant setiap hari ternyata juga dapat beresiko mengalami gangguan pada saraf-saraf otak. Kandungan MSG nya yang tinggi cukup untuk merusak beberapa saraf pada otak, dan jika konsumsi mie terlalu banyak dikhawatirkan akan memperburuk kondisi dari saraf-saraf otak.

8.) Mengganggu Proses Pencernaan

Kandungan zat pengawet dan lilin pada mie instant dapat mengganggu proses pencernaan, akibatnya produksi asam lambung pun meningkat dan menyebabkan penyakit lambung seperti maag, gastritis, nyeri ulu hati, dan gangguan lambung lainnya.

9.)  Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Kandungan MSG pada mie juga dapat mengiritasi saluran tenggorokan, akibatnya seseorang akan merasakan tenggorokannya sakit, serak, dan batuk-batuk setelah mengonsumsi mie instant, baik yang sudah dimasak maupun disantap dalam kondisi mentah.

10.) Menyebabkan Konstipasi

Mie instant tidak mengandung serat di dalamnya, sehingga orang yang mengonsumsi mie instant kekurangan serat yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Akibat seseorang mengonsumsi mie instant adalah terjadinya konstipasi (sembelit). Konstipasi dapat menyebabkan gangguan di sekitar anus seperti ambeien.

# Nasib Mie instant Ketika Dicerna oleh Lambung


Foto : hipwee.com
Nasib mie instant dalam perut

Ketika kita sedang mengunyah mie dan menelannya, mie yang masuk melalui kerongkongan menuju lambung tidak serta merta diolah oleh enzim di lambung. Berdasarkan hasil penelitian terakhir mengungkapkan kondisi ketika mie instant masuk ke lambung ternyata selama 2 jam masih belum bisa dicerna oleh enzim lambung, hal ini dikarenakan zat pengawet pada mie menghambat enzim dalam proses pencernaan. 

Akibatnya kita lebih mudah merasakan lapar karena tidak ada energi yang dihasilkan dari mie instant, kendati energi dihasilkan dari mie instant melalui proses pencernaan, itupun butuh waktu lebih dari 2 jam.

# Apakah Ada Manfaat Mengonsumsi Mie Instant ???

Kendati mie instant hanya mengandung sedikit nilai gizi dan berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, tetapi kita jangan pernah mendzalimi mie itu sebagai makanan buruk dan tidak sehat. Perlu Anda ketahui, ternyata mie juga mengandung manfaat  jika dikonsumsi secara tepat, di antaranya :

  • Sebagai sumber karbohidrat
  • Memiliki kandungan Natrium yang baik bagi tubuh
  • Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata
  • Mengandung Vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit
  • Memiliki asupan mineral yang dibutuhkan tubuh
  • Tambahan lemak dalam tubuh

# Tips Mengonsumsi Mie Instant yang Aman dan Sehat


Foto : efektips.com

Mengonsumsi mie instant diperbolehkan asalkan tidak melebihi ambang batas kewajaran, dengan mengonsumsi mie instant setiap hari akan memperburuk kesehatan seseorang. 

Oleh karena itu, saya akan membagikan tips bagaimana sih mengonsumsi mie instant secara aman dan sehat, berikut saya rangkum :

  • Masaklah mie pada air rebusan bersuhu 100° C dan buang sisa rebusan
  • Jangan mengonsumsi mie dengan nasi, karena mie mengandung karbohidrat dan nasi juga mengandung karbohidrat yang berdampak terhadap meningkatnya kadar gula darah
  • Tambahkan daging, sayur-sayuran seperti sawi, wortel, tomat, kubis ataupun kangkung
  • Tambahkan pula sumber protein pada makanan seperti : ikan, telur rebus, daging asap, rendang dan sebagainya untuk melengkapi nilai gizi harian
  • Konsumsi buah-buahan segar setelah mengonsumsi mie
  • Minum air secukupnya
  • Kurangi makan mie instant
  • Ganti menu variasi makanan, dll

Kendati mie instant termasuk makanan yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, namun jika terlalu sering mengonsumsi mie juga berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Bijaklah memilih menu makanan, dan janganlah Anda “menukar” kesehatan dengan rasa nikmat dari mie ini begitu saja. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter