-->

Benarkah Teh Dapat Mengobati Penyakit Diabetes ????

Post a Comment

Benarkah Teh Dapat Mengobati Penyakit Diabetes ????


Benarkah Teh Dapat Mengobati Diabetes ???? ~ Teh mengandung beragam manfaat luar biasa apabila dikonsumsi secara benar, bahkan dalam penelitian terakhir menyebutkan teh juga dapat menurunkan gula darah yang tinggi. Gula darah tinggi erat kaitannya dengan penyakit diabetes yang merupakan salah satu penyakit mematikan saat ini. Namun benarkah teh dapat mengobati penyakit diabetes ?? Lalu bagaimana cara kita mengolah teh secara baik supaya mendapatkan manfaat di dalamnya ???

Berbicara mengenai penyakit diabetes, penyakit ini merupakan penyakit yang mempengaruhi kadar gula darah manusia. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau berkarbohidrat tinggi. Memang penyakit ini tidak memiliki gejala yang mudah diamati, namun hampir 70% masyarakat Indonesia yang menderita diabetes baru memeriksakan diri ke dokter ketika sudah mengalami tahap komplikasi. Ketika diabetes sudah memasuki tahap kompilikasi, akan menimbulkan luka borok pada area kaki. Borok ini tidak bisa diobati dan jalan satu-satunya adalah dengan diamputasi. Tentu Anda tidak ingin mengalami diabetes bukan ?? Untuk itu, kurangi makanan yang mengandung glukosa/karbohidrat mulai sekarang serta jangan lupa menerapkan pola hidup sehat. Bagi Anda yang ingin mengetahui gejala awal dari diabetes bisa Anda baca di bawah ini ;


Apakah Teh Dapat Mengobati Diabetes ????

Teh memiliki kandungan seperti zat antioksidan, flavanoid, kafein vitamin A, B, C, D, E, magnesium dan masih banyak lagi. Sebuah studi kasus yang dilakukan di Tianjin University menyebutkan bahwa teh mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu mengontrol gula darah. Setelah mendengar kabar itu sudah jelas bukan jika teh memang bermanfaat untuk penderita diabetes.
Ketika kadar gula dalam tubuh Anda meningkat, Anda harus waspada terhadap resiko terkena diabetes. Oleh karena itulah segera Anda periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep obatnya. Namun, sebenarnya Anda tidak harus mengonsumsi obat dari dokter, Anda masih bisa memanfaatkan bahan/makanan dari alam yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Jenis Teh Yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Teh mengandung senyawa aktif yang dapat menurunkan gula darah berlebih. Namun jenis teh yang mana yang mengandung senyawa terbanyak untuk mengobati diabetes ??? Berikut beberapa jenis teh yang berkhasiat mengobati penyakit diabetes ;

1.) Teh Hitam


Selain harganya yang terjangkau dan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional, ternyata teh hitam memiliki peranan aktif dalam menurunkan gula darah. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian di Journal of Food yang menyebutkan bahwa kandungan polysaccharide dan flavanoid pada teh hitam tergolong tinggi dan mampu mengontrol produksi gula darah. Senyawa polysaccharide/polisakarida diyakini memiliki peran seperti obat diabetes yang dapat menghambat pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana.

2.) Teh Hijau


Teh hijau juga termasuk teh yang mengandung senyawa aktif untuk mengobati penyakit diabetes. Jenis teh ini juga mudah didapat dan sering dijadikan minuman herbal karena aroma dari teh hijau memberikan relaksasi. Dalam secangkir teh hijau terkandung setidaknya senyawa polifenol yang cukup banyak. Kandungan polifenol pada teh hijau diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebaiknya Anda konsumsi teh hijau secangkir setiap hari untuk mengurangi resiko terkena diabetes.

3.) Teh Dandelion


Teh dandelion ternyata mengandung senyawa yang dapat menyeimbangkan jumlah gula dalam tubuh manusia. Kendati demikian, teh dandelion sulit didapat dan masih jarang masyarakat yang mengonsumsi jenis teh ini. Selain itu apabila salah takaran juga dapat menimbulkan diare dan kulit ruam.

4.) Teh Licorice

Sama seperti teh dandelion, teh licorice ternyata sulit dijumpai di Indonesia mengingat jenis teh ini masih kalah populer dengan teh hitam dan teh hijau. Namun kandungan yang terdapat dalam teh ini bermanfaat dalam mengontrol produksi gula darah serta mampu memaksimalkan produksi hormon insulin dalam merubah gula menjadi energi.

Tips Mengonsumsi Teh Secara Benar

Ketika Anda ingin mengonsumsi teh entah itu teh hitam atau teh hijau, sebaiknya harus paham bagaimana cara mengonsumsi teh tersebut secara benar. Pertama, jangan merebus teh langsung hal ini dapat menyebabkan kandungan pada teh termasuk senyawa aktif pengontrol gula darah akan berkurang bahkan menghilang. Kedua, jangan terlalu banyak menambahkan gula. Ketika Anda tidak suka dengan teh hijau atau teh hitam tanpa gula sebaiknya Anda jangan terlalu banyak menambahkan gula pada teh. Itu karena gula dapat menghilangkan senyawa flavanoid dan polisakarida yang berfungsi menurunkan gula darah, selain itu teh yang terlalu manis justru akan menambah produksi gula darah dalam tubuh. Yang terakhir, konsumsi teh tersebut secara rutin minimal 2 cangkir setiap hari, jangan terlalu berlebihan karena teh mengandung senyawa yang dapat melancarkan buang air kecil dan hal ini akan menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh).

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manfaat teh sebagai penurun gula darah pada manusia. Dapat diambil kesimpulan bahwa mengonsumsi teh secara rutin ternyata dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Hal ini didasarkan pada hasil oenelitian yang menyebut bahwa teh mengandung senyawa aktif untuk mengurangi dan menyeimbangkan jumlah gula darah dalam tubuh. Sebenarnya manfaat dari teh tidak sebatas sebagai obat diabetes, melainkan masih banyak manfaat teh apabila dikonsumsi secara tepat. Informasi selengkapnya bisa Anda baca artikel di sini ;


Baca juga artikel ini :



Sumber gambar : tribunnews.com, health.liputan6.com, tehhitam.org, beautynesia.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter