-->

Makanan Junk Food Yang Sering Anda Konsumsi

Post a Comment

Makanan Junk Food Yang Sering Anda Konsumsi

Foto : wolipop.detik.com

Makanan Junk Food Yang Sering Anda Konsumsi ~ Makanan junk food termasuk makanan dengan kandungan nilai gizi yang rendah. Bahkan dari hasil penelitian terakhir mengungkapkan bahwa makanan junk food menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, obesitas hingga diabetes. Tentu kebiasaan mengonsumsi makanan tak sehat ini harus dikurangi demi melindungi diri Anda dari penyakit mematikan tersebut. Tapi yang lebih mengkhawatikan lagi adalah selama ini kita pun tak sadar mengonsumsi makanan junk food setiap saat. Ternyata banyak juga jenis makanan yang mengandung sedikit nilai gizi tanpa kita ketahui sebelumnya. Apa sajakah makanan junk food yang sering Anda konsumsi setiap harinya ???

Mengenal Seperti Apa Makanan Junk Food Itu ??


Junk Food atau dalam bahasa Indonesianya makanan sampah, bukan berarti makanan ini didapat dari tempat sampah melainkan sebutan makanan saja. Sebutan ini merujuk pada makanan yang mengandung sedikit kandungan gizinya, akibat kandungan gizi sangat rendah maka tubuh akan mengalami kekurangan gizi. Kekurangan gizi dapat berdampak terhadap kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan manusia. Untuk itu, kenali sedini mungkin jenis makanan apa yang tergolong makanan sampah. Berikut akan saya sajikan ciri-ciri makanan sampah (junk food) :

1.) Waktu Pengolahannya Singkat

Salah satu ciri makanan junk food dapat dilihat dari proses pembuatannya yang begitu singkat, yakni antara 5 sampai 15 menit. Pasti Anda sudah tahu jenis makanan apa yang membutuhkan waktu singkat dalam pembuatannya, yup makanan cepat saji tergolong makanan sampah yang tidak mengandung nilai gizi secara cukup.

2) Penggunaan Minyak Berlebih Pada Makanan

Anda ingin tahu ciri-ciri makanan sampah selanjutnya ?? Perhatikan setiap makanan yang Anda beli di pedagang kaki lima apakah menggunakan minyak berlebih atau tidak, khususnya untuk makanan serba digoreng seperti : aneka gorengan, nasi goreng, tahu goreng (digoreng dadakan) dan beberapa olahan lainnya. Tahukah Anda, Jika makanan dengan minyak berlebih termasuk makanan junk food ?? Hal itu karena makanan serba digoreng termasuk makanan sampah yang tidak baik bagi kesehatan serta mengandung sedikit nilai gizi.
Mengapa makanan serba dirogeng termasuk makanan sampah ??? Hal ini karena penggunaan minyak pada makanan dapat meningkatkan kolesterol.

3.) Menggunakan Bahan Pengawet, Pewarna, dan Perasa Buatan

Teknologi dalam makanan mulai berkembang pesat sejak abad ke-19 yang dimulai dengan ditemukannya bahan pengawet, pewarna, dan perasa makanan. Bahan pengawet berfungsi untuk mengawetkan makanan supaya makanan dapat bertahan dalam waktu lebih lama, sementara pewarna berguna dalam mempercantik tampilan makanan yang sering dijumpai kue ulang tahun atau makanan ringan. Lalu ada juga bahan perasa/penyedap rasa yang membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Tapi tahukah Anda jika makanan tersebut termasuk makanan sampah ??? Makanan yang diawetkan, diberi pewarna makanan dan penyedap rasa ternyata mampu mengurangi kadar gizi pada makanan. Contoh penyedap rasa terkenal adalah mechin.

5.) Tidak Seimbang Dalam Penyajian

Makanan tidak seimbang merupakan makanan yang melebihi jumlah asupan tubuh. Makanan ini sering kita jumpai pada mie instant. Pada kandungan mie instant mengandung sekitar 70% adalah karbohidrat sementara 30% adalah nilai gizi lainnya. Jelas makanan ini tidak seimbang dalam penyajiannya serta masuk dalam makanan junk food.

6.) Tidak Mengandung Gizi Lengkap

Setiap makanan yang kita konsumsi diharuskan memiliki nilai gizi seimbang dan lengkap. Namun kita sering lalai dalam memilih makanan hingga makanan junk food pun kita makan. Makanan yang tidak mengandung gizi lengkap biasanya tidak disertai dengan jenis kandungan lain seperti sayuran. Makanan ini dapat kita jumpai pada makanan ringan yang tidak mengandung gizi secara lengkap.

7.) Makanan Beralkohol Tinggi

Minuman beralkohol termasuk makanan junk food karena alkohol apabila dikonsumsi manusia tidak memberikan manfaat sama sekali. Justru terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol dapat merusak organ ginjal.

Makanan Junk Food Yang Sering Anda Konsumsi

Foto : kullabs.com

Tanpa disadari ternyata Anda sering mengonsumsi makanan junk food setiap hari, lalu apa sajakah makanan junk food ?? Berikut akan saya berikan untuk Anda :

a.) Makanan Serba Digoreng (gorengan)

Makanan serba digoreng merupakan makanan junk food, karena selain mengandung nilai gizi yang sedikit, makanan ini juga mengandung kadar kolesterol cukup tinggi dan dapat menyebabkan munculnya penyakit stroke, diabetes, gagal jantung, obesitas hingga kematian. Maka dari itu, kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng karena masih banyak orang mengonsumsi gorengan di pagi hari sebagai menu sarapan.

b.) Makanan yang Dibakar

Setelah membaca ini, mungkin Anda akan berpikir satu-dua kali mengenai makanan yang dibakar. Jangan salah, ternyata makanan yang dibakar seperti bebek bakar, ayam bakar, dan olahan makanan bakar lainnya dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Mengapa bisa terjadi seperti itu ?? Karena makanan yang dibakar akan membuat permukaan daging menjadi gosong, mungkin Anda sangat menyukai daging-daging sedikit gosong. Akan tetapi makanan yang dibakar sampai gosong dapat menciptakan senyawa karsinogen, senyawa inilah yang nantinya akan membentuk sel-sel kanker.

c.)  Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti : burger, pizza, hotdog dan lain-lain ternyata juga tidak baik bagi kesehatan. Pada umumnya, makanan cepat saji itu hanya mengandung sedikit kandungan gizinya serta tidak seimbang, sehingga tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

d.) Makanan Ringan

Makanan ringan biasanya dibungkus oleh semacam allumunium foil ternyata juga tidak baik bagi tubuh, karena makanan ringan mengandung pengawet, pewarna dan penyedap rasa (mechin, msg) tanpa adanya kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

e.) Makanan Kalengan

Makanan kalengan seperti sarden, asinan kaleng,  susu kaleng, rendang kaleng, dan makanan kaleng lainnya ternyata juga tidak baik loh jika sering dikonsumsi. Pasalnya makanan kalengan pastinya menggunakan bahan pengawet untuk menjaga kualitas makanan selama beberapa bulan lamanya.

f.) Mie Instant

Mie instan adalah makanan favorit untuk mahasiswa, hal ini karena harganya terjangkau membuat mie mendapat hati di kalangan mahasiswa. Namun dibalik nikmatnya mie instant ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh, seperti msg (penyedap rasa), pengawet, hingga pewarna makanan yang tidak baik bagi kesehatan organ Anda.

Selengkapnya bisa Anda baca di sini :
Bahaya Mie Instant Bagi Kesehatan

g.) Makanan Manis

Makanan manis seperti es krim hingga donat ternyata tergolong makanan junk food. Kandungan terbanyak pada makanan manis adalah kalori dan apabila makanan ini dikonsumsi secara berlebihan maka dapat meningkatkan kalori yang menyebabkan penyakit diabetes.

Baca juga : Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Penyakit Diabetes


Dampak Mengonsumsi Makanan Junk Food Berlebihan

Ilustrasi mengenai pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat
Foto : wiwit-unik.blogspot.com

Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan ini mengingat hanya sedikit kandungan gizinya serta pada makanan tertentu mengandung zat karsinogenik (zat pemicu kanker). Efek mengonsumsi makanan junk food terhadap kesehatan tubuh dalam jangka waktu lama di antaranya :

1.) Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh Serta Mudah Kelelahan

Orang yang sering mengonsumsi makanan sampah akan mudah terkena penyakit, hal ini karena makanan junk food tidak mengandung nilai gizi secara cukup, akibatnya tubuh pun kekurangan gizi dan menyebabkan sistem imun pada tubuh berkurang serta tubuh mudah lelah karena tak ada asupan tenaga dalam tubuh.

2.) Berpengaruh Terhadap Otak

Makanan junk food dapat mempengaruhi kinerja otak manusia, kandungan lemak dan kolesterol tinggi pada junk food dapat merusak syaraf-syaraf kecil di otak. Akibatnya orang yang terbiasa mengonsumsi makanan ini kesulitan berfikir.

3.) Menyebabkan Diabetes, Stroke, Gagal Jantung dan Obesitas

Ke-4 penyakit berbahaya tersebut ternyata disebabkan salah satunya oleh kandungan kolesterol jahat dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan pada makanan junk food mengandung lemak, garam, dan kalori dalam jumlah yang banyak.  Lemak berlebih dapat menciptakan kolesterol jahat serta dapat menyebabkan obesitas hingga serangan jantung, sementara kandungan garam dapat menyebabkan penyakit stroke dan kalori tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

4.) Merusak Organ Tubuh

Makanan junk food juga terkenal karena mengandung pengawet, pewarna dan penyedap rasa. Ketiga bahan ini apabila masuk ke pencernaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan dikhawatirkan dapat merusak organ-organ tertentu seperti organ hati maupun ginjal.

5.) Resiko Terkena Kanker Lebih Tinggi

Untuk makanan yang dibakar sebaiknya jangan terlalu lama membakarnya, hal ini untuk mengurangi bagian yang gosong. Bagian yang gosong inilah yang mengandung senyawa karsinogen dan memicu munculnya sel-sel penyakit kanker.


Kesimpulan
Ternyata mengonsumsi makanan junk food secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Maka dari itu hindari konsumsi makanan junk food dengan membuat makanan sendiri yang pastinya lebih sehat dan mengandung banyak nilai gizi di dalamnya, serta rajin berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat.






Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter