-->

Sejuta Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Post a Comment

“Sejuta” Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

“Sejuta” Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Foto : deherba.com

Air merupakan sumber kehidupan, tanpa adanya air maka tidak ada kehidupan. Sama halnya dengan manusia apabila jarang minum air bisa terkena dehidrasi bahkan kematian. Maka dari itulah para dokter menyarankan kita untuk selalu meminum air dalam jumlah yang cukup karena dari minum air tersimpan “sejuta” manfaat di dalamnya, khususnya minum air setelah bangun tidur. Apakah Anda sudah cukup minum air hari ini ?? Lalu apa saja kah manfaat minum air putih di pagi hari ???

Tubuh manusia terdiri dari 70% cairan, apabila cairan tubuh berkurang dapat menyebabkan gejala kekurangan air atau dehidrasi. Bahkan pernah ada kasus meninggalnya seseorang karena tidak minum air selama beberapa hari. Dengan mengonsumsi air, ternyata mampu memenuhi asupan cairan dalam tubuh supaya seimbang. Namun bukan itu saja manfaat ketika Anda rutin minum air, tetapi lebih dari itu.

"Sejuta” Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur


Minum air itu dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kita, terutama ketika minum air putih setelah bangun tidur maka akan terbukti khasiat dari air itu. Hal ini karena dari hasil penelitian terakhir mengungkapkan bahwa meminum air setelah bangun tidur dapat menggantikan jumlah cairan tubuh yang digunakan sewaktu terjadi proses metabolisme atau ketika kita sedang tidur. Dengan minum air putih setelah bangun tidur ternyata mampu membuang racun-racun dalam tubuh dari hasil metabolisme. Apakah hanya itu manfaat minum air setelah bangun tidur ?? Ternyata lebih dari itu, menurut Life Hack, air memiliki sejuta manfaat di antaranya :

“Sejuta” Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Islam-inspirasiku.blogspot.com

1. Memperlancar Proses Metabolisme

Proses metabolisme merupakan proses-proses penguraian senyawa tertentu di dalam tubuh yang menghasilkan sebuah energi. Dari metabolisme inilah Anda mendapatkan energi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. Dengan minum air sebelum dan sesudah tidur, maka dapat memperlancar proses metabolisme dan menghasilkan energi lebih optimal.

2. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Organ ginjal merupakan salah satu organ manusia yang berfungsi mendetoks atau membuang racun-racun beserta senyawa yang tidak digunakan oleh tubuh lagi. Biasanya racun-racun tadi dibuang melalui urine, sehingga apabila Anda jarang minum air maka produksi air seni pun sedikit dan racun-racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan semua. Sehingga, minum air putih setelah bangun ternyata dapat mengoptimalkan fungsi ginjal dalam mendetoks racun-racun di dalam tubuh.

3. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh mengalami kekurangan cairan, hal ini karena mungkin Anda jarang minum air dalam jumlah yang cukup. Dehidrasi terdiri dari dua, yakni dehidrasi ringan dan dehidrasi berat. Contoh kecil dari dehidrasi ringan adalah kurang berkonsentrasi, jadi bagi Anda yang selalu kehilangan fokus/konsentrasi mulai sekarang minumlah air supaya terhindar dari dehidrasi ringan.


4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat air selanjutnya adalah mampu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Setelah semalaman tubuh melakukan proses pencernaan, dan apabila cairan dalam tubuh berkurang maka dapat mempengaruhi proses tersebut. Selain itu, minum air setiap hari juga dapat memperlancar BAB dan mengurangi konstipasi (feses padat).

5. Mencerahkan Kulit

Siapa yang tidak ingin kulitnya cerah setiap saat ??? Pasti Anda pun ingin kan tampil menarik. Namun seperti apa caranya supaya kulit Anda terlihat lebih cerah ?? Dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup ternyata dapat mencerahkan sekaligus menyehatkan kulit Anda. Hal ini didapat dari penelitian yang mengatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan kulit kering dan kusam.

6. Mampu Mencegah Penyakit Batu Ginjal Serta Infeksi Kandung Kemih

Meminum air putih setelah bangun juga dapat mengurangi resiko terkena batu ginjal. Batu ginjal sendiri adalah sebuah penyakit di saluran ginjal yang terdapat sebuah batu kristal-kristal kecil yang menghambat aliran urin. Apabila Anda rutin meminum air, maka kristal-kristal yang menghambat aliran urin dapat dihancurkan atau dilarutkan bersamaan dengan air putih, selain itu dengan mengonsumsi air putih juga mampu mencegah infeksi saluran kandung kemih dari racun-racun yang mengendap di dalamnya.

7. Meningkatkan Sistem Imun Anda

Sistem imun atau kekebalan manusia ternyata sangat penting dalam menjaga tubuh manusia dari berbagai penyakit. Orang-orang yang sedang sakit kemungkinan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup  yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Minum air putih terutama setelah bangun tidur dapat menyeimbangkan sistem limfatik, sehingga sistem imun Anda akan meningkat di pagi hari.

8. Menurunkan Resiko Kanker

Sebenarnya cukup sederhana, semakin sering Anda buang air kecil, maka semakin banyak racun-racun termasuk zat karsinogen/zat penyebab tumbuhnya sel kanker akan keluar dari tubuh. Hasil penelitian tersebut menjadi kabar menggembirakan bagi Anda yang selalu mencukupi asupan cairan.

9. Mengatur Suhu Tubuh

Ketika di cuaca panas, tubuh kita akan menyesuaikan suhu tersebut dengan cara mengeluarkan keringat, sementara ketika di cuaca dingin tubuh kita menyesuaikan suhu tersebut dengan sering kencing. Kedua peristiwa tersebut berguna untuk menstabilkan suhu tubuh. Mengonsumsi air secara cukup dapat membantu menstabilkan suhu tubuh Anda serta dapat terhindar dari gejala dehidrasi.

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih di pagi hari ternyata juga dapat menekan nafsu makan yang terlalu berlebih, sehingga berat badan tidak akan bertambah dan justru dapat menurunkan berat badan.
Itulah 10 manfaat ketika Anda minum air putih setelah bangun tidur. Perlu diketahui bahwa air merupakan unsur kehidupan, sehingga apabila kekurangan dapat mempengaruhi keadaan lain. Kurang fokus dan urin yang berwarna kuning merupakan gejala awal dari dehidrasi. Lalu berapa sih jumlah cairan yang harus Anda konsumsi setiap harinya ?? Menurut dokter, minumlah air secara cukup, yakni sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari.

Baca juga :

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter