-->

Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya

Post a Comment

Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya

Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya
Foto : myfirstdrone.com

Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya ~ Teknologi semakin berkembang seiring ditemukannya alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah ditemukannya teknologi pesawat tanpa awak atau drone yang memiliki manfaat luar biasa. Drone merupakan sejenis mesin terbang dengan beberapa buah baling-baling layaknya helikopter dan dikendalikan melalui remote control. Alat ini dapat terbang pada ketinggian antara 10 sampai 25 meter serta dapat dikendalikan sejauh (sekitar) 45 meter. Salah satu manfaat dari drone adalah mampu mengirimkan berbagai logistik seperti baju dan makanan ke suatu wilayah yang sulit dilalui kendaraan, misalnya daerah pedalaman. Lalu apakah Anda tahu perkembangan beserta sejarah terciptanya drone pertama kali ???

Sejarah & Perkembangan Drone (Pesawat Tanpa Awak)

Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya
Foto : holykaw.alltop.com

Ternyata, teknologi drone pertama kali digunakan oleh negara Austria saat berusaha menghancurkan kota Venesia, Italia tepatnya pada tanggal 22 Agustus 1849. Pihak Austria berusaha menghancurkan kota Venesia dengan menerbangkan ratusan balon yang berisi bom. Akan tetapi usaha tersebut tak berjalan mulus, hal ini disebabkan balon-balon tadi banyak yang berubah arah tertiup angin yang akhirnya tidak semua balon mengenai target.

Pada tahun 1896, seorang insinyur bernama Samuel P. Langley berhasil menciptakan pesawat tanpa awak yang mampu terbang pada ketinggian 15-35 meter dengan jangka waktu selama 90 menit. Pesawat tanpa awak ini diterbangkan di atas sungai di Washington.

Beberapa tahun kemudian tepatnya tanggal 8 November 1898, seorang keturunan Serbia yang bernama Nicolas Tesla berhasil menciptakan teknologi pengendali jarak jauh (remote control) serta mematenkan hasil ciptaannya dalam perkembangan drone. Cara kerja dari remote control adalah mampu mengendalikan suatu objek dari jarak jauh.

Dengan ditemukannya teknologi tersebut, barulah pada saat Perang Dunia I teknologi drone mulai digunakan oleh negara-negara perang. Pada saat itu, drone berfungsi sebagai mata-mata dan pembawa logistik seperti pakaian, obat hingga makanan. Pada tahun 1916, sebuah konsep pembuatan pesawat tanpa awak dengan nama “Areal Target” selesai diproduksi. Akan tetapi setelah selesai pembuatannya, alat tersebut tak pernah diterbangkan. Barulah beberapa bulan setelah itu, pesawat tanpa awak dengan nama “Hewitt-Sperry” menjalani debut pertamanya dengan terbang membawa bom untuk meledakkan suatu daerah. Drone “Hewitt-Sperry” kemudian mengalami perkembangan dengan lahirnya generasi pesawat tanpa awak bernama “Bug Kettering” pada tahun 1918 yang menjadi alat penting ketika Perang Dunia I terjadi.

Sementara pada saat Perang Dunia II, peran Drone tak hanya sebagai “robot pengintai” melainkan juga sebagai “robot pembunuh” dengan menjadikan drone sebagai senjata menembak target sasaran.
Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya
Foto : m.thestar.com.my


Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia


Perang Dunia sudah lama berakhir namun apakah peran Drone berhenti sampai begitu saja ?? Ternyata penggunaan drone masih digunakan saat ini mengingat banyaknya manfaat dari menggunakannya seperti :

1.) Pembawa Logistik

Drone masih menjadi salah satu alat alternatif dalam mengirimkan berbagai bahan logistik seperti pakaian, makanan dan obat-obatan yanag sulit ditempuh oleh kendaraan.

2.) Pengambilan Sudut Gambar yang Berbeda

Khusus untuk Anda yang ingin mengabadikan suatu momen namun dengan tampilan berbeda, kini gunakanlah drone untuk mengambil sudut-sudut pengambilan video dari atas. Penggunaan drone untuk pengambilan gambar mulai booming di tahun 2000-an.

3.) Memadamkan Kebakaran

Drone yang sekarang ternyata juga ada yang menyerupai helikopter yang berfungsi salah satunya untuk memadamkan kebakaran di hutan-hutan dalam jangkauan cukup luas.

4.) Menghijaukan Bumi

Drone dapat digunakan untuk melestarikan populasi pohon dengan menyebarkan ribuan benih-benih pohon di suatu tanah yang subur. Hal ini dapat membuktikan bahwa tak selamanya teknologi yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

5.) Sekedar Hobi

Nah, untuk Anda yang youtube traveller bisa menggunakan alat ini untuk memberikan penampakan yang lebih bagus lagi serta dapat menarik pengunjung lebih banyak.

6.) Memantau Perubahan Global Warming

Pusatnya informasi tentang ilmu perbintangan (NASA) baru-baru ini mengatakan akan memanfaatkan drone untuk memantau perubahan global warming serta mengamati kejadian di luar angkasa. Hal ini karena penggunaan drone lebih murah dibandingkan dengan menggunakan satelit.

7.) Mencari Korban Bencana

Ketika terjadi suatu bencana, drone harus siap pakai untuk menyisir tempat-tempat yang sulit dilalui manusia, sehingga proses pencarian korban dapat dimaksimalkan.

Itulah pembahasan singkat mengenai perkembangan drone di dunia beserta sejarahnya. Dahulu alat ini merupakan alat pembunuh terbaik dan terakurat namun sekarang adalah alat penolong manusia, itulah perkembangan drone dari zaman perang sampai zaman sekarang. Melihat teknologi semakin berkembang pesat, banyak yang bisa kita lakukan ketika memanfaatkan drone. Bahkan situs jual beli online Amazon pernah mengatakan untuk memanfaatkan drone sebagai alat pengirim paket ke berbagai wilayah di dunia. Mungkin untuk saat ini, drone masih digunakan sekedar hobi fotografi dan pembuatan film.




Baca juga artikel ini :





Referensi : http://agendrone.com/sejarah-dan-perkembangan-pesawat-tanpa-awak-drone/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter