-->

FAKTA UNIK AIR HUJAN

Post a Comment




Pengertian Hujan adalah peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi akibat  terjadinya kondensasi. Hujan diukur sebagai tinggi air yang jatuh dipermukaan bumi yang datar dalam periode waktu tertentu.

Proses Terjadinya Hujan adalah mula - mula sinar matahari menyinari bumi, energi sinar matahari ini mengakibatkan terjadinya evaporasi atau penguapan di lautan, samudra, sungai, danau, dan sumber - sumber air lainnya.Uap - uap air yang naik ini pada ketinggian tertentu akan mengalami kondensasi. Peristiwa kondensasi ini diakibatkan oleh suhu sekitar uap air lebih rendah daripada titik embun uap air. Uap - uap air ini kemudian akan membentuk awan. Kemudian, angin (yang terjadi karena perbedaan tekanan udara) akan membawa butir - butir air ini. Butir - butir air ini menggabungkan diri (proses ini dinamakan koalensi) dan semakin membesar akibat turbelensi udara, butir - butir air ini akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga akan jatuh ke permukaan bumi. Saat jatuh ke permukaan bumi, butir - butir air akan melewati lapisan yang lebih hangat di di bawahnya sehingga butir - butir air sebagian kecil menguap lagi ke atas dan sebagian lainnya jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Inilah yang dinamakan hujan.

Fakta unik tentang hujan


  • bentuk atau bulatan air hujan ternyata berubah bentuk sampai ratusan kali dari awal jatuh dari awan hingga ke tanah. Bentuknya biasanya bervariasi, mulai dari bulat, hingga oval memanjang.
  • Saat berada di atas, komponen hujan masih dalam bentuk es atau kristal, namun akhirnya turun ke bumi dalam bentuk titik-titik air atau tetap menjadi es/salju. Hal ini terjadi jika suhu udara di bumi tinggi, maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air, namun jika suhu di bumi sangat rendah maka akan tetap akan turun sebagai salju.
  • Setiap detik ada sekitar 16 juta ton air yang menguap dari permukaan bumi sebagai bahan untuk hujan. Jumlah ini akan turun kembali ke bumi bentuk hujan setiap detik. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang. Proses ini menujukan bagaimana alam melakukan keseimbangan.
  • Bentuk air hujan berubah bentuk hingga ratusan kali dalam satu detik. Bentuk yang biasanya terlihat adalah hampir bulat, semakin besar, maka bentuknya semakin ceper seperti roti humberger. Jika bentuk hujan seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit, mungkin bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.
  • Ada wilayah di bumi yang ternyata mengalami hujan sepanjang tahun. Tepatnya Mt. Waialeale di Kauai, Hawaii selama 350 hari per tahun selalu basah oleh hujan.
  • Setiap kali setelah turun hujan, maka akan tercium aroma biasa yang dianggap sebagai aroma alami bumi. Sebenarnya aroma ini merupakan senyawa yang dinamakan petrichor yang dikeluarkan oleh tanah, ilalang, dan rerumputan.
  • Ternyata hujan memiliki kemampuan menghipnotis. Berdasarkan penelitin para ilmuan menemukan fakta bahwa hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Itulah mengapa biasanya pada saat hujan, manusia sering mendapatkan inspirasi.
  • air hujan yang turun pertama kali selama lima menit tidak baik untuk kesehatan badan. Kenapa? Hujan pada 5 menit pertama biasanya membawa polutan, kotoran hingga zat asam yang bisa membuat rambut rontok. 
  • Setiap air hujan pertama kali turun dan menyentuh tanah, maka akan tercium bau atau aroma menyengat yang cukup menyegarkan. 
  • air hujan rata-rata jatuh ke bawah dengan kecepatan 8 hanya 10 kilometer per jam. Sangat lambat sekali.
  • Setiap tetes air hujan punya diameter yang sangat bervariasi, mulai dari 0,02 inchi hingga 0,031 inchi. 
  • kalau kamu melihat mendung hitam gelap mengepul lalu turun hujan, maka ketinggiannya hanya 1,2 kilometer saja.
  • efek yang ditimbulkan dari tetesan air hujan pada ketinggian 1,2 kilometer itu sama saja dengan benda 1 kilogram yang jatuh pada ketinggian 15 cm.
  • ternyata payung yang biasa Anda gunakan untuk menutupi tubuh dari air hujan sebetulnya awalnya didesain untuk melindungi manusia dari terik panas sinar matahari. 
  • Kecepatan rata-rata tetesan air hujan yang jatuh ke bumi adalah 8 – 10 km/jam. Namun kecepatan ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan angin serta kondisi suatu wilayah. Dalam kondisi tertentu, kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 35 km/jam.
  • Ternyata ada satu daerah yang mengalami musim hujan secara terus-menerus sepanjang tahun. Daerah atau negara mana itu? Tepatnya di pegunungan Waialeale, Kauai, Hawaii. Di sana, selama 350 hari per tahun selalu basah karena terkena hujan.
  • Curah hujan paling banyak terjadi di daerah Cherrapunju, Negara India. Yaitu dengan rata-rata 26,5 meter atau 87 kaki.
  • Air umumnya jatuh ke bumi pada kecepatan rendah. Hal ini karena hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. Bayangkan jika tidak terjadi gesekan pada atmosfer, bisa jadi setiap tetes hujan akan menghujam bumi dengan kecepatan tinggi dan menyebabkan banyak kerusakan.


Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter