-->

Siapa Sih Pencetus Teknologi Robot Modern Pertama Kali ??

Post a Comment

Siapa Sih Pencetus Teknologi Robot Modern Pertama Kali ?? ~ Teknologi kini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, terutama di abad ke-20. Hal ini bukan tanpa sebab mengingat di zaman sekarang perkembangan teknologi semakin canggih yang dibuktikan dengan terciptanya beragam robot yang mampu membantu pekerjaan manusia. Pusatnya teknologi dunia sekarang  memang masih dikuasai negara Barat dalam hal ini adalah negara di Eropa, sementara di bagian timur seperti Jepang dan Amerika. 

Anda yakin bahwa orang Eropalah yang pertama kali menciptakan karya robot, namun hal itu salah besar. Anda pun sepertinya akan terkejut ketika mengetahui bahwa pencetus teknologi robot pertama kali bukanlah orang-orang Eropa, melainkan seorang Ilmuwan muslim bernama Ibnu Ismail Al Jazari. 

Siapa itu Ibnu Ismail Al Jazari ?? Lalu apa bukti bahwa Ibnu Ismail Al Jazari dikenal sebagai pencetus teknologi robot pertama kali ???

Foto : heromuslim.blogspot.com

Abu Al Izz Ibnu Ismail Ibnu Ar-Razaz Al Jazari atau dipanggil Ibnu Ismail Al Jazari adalah seorang ilmuwan muslim yang lahir di  Al Jazira (1136-1206), antara Sungai Tigris dan Efrat pada abad ke-13 M. Beliau merupakan salah satu dari beberapa ilmuwan Islam yang terkenal di masanya berkat kepandaiannya. Sempat terjadi ketegangan mengenai pencetus teknologi robot itu Leonardo Da Vinci atau Ibnu Ismail Al Jazari, dan setelah cukup banyak bukti bahwa Ibnu Ismail Al Jazari lebih dahulu merancang dan menciptakan teknologi, maka beliau dinobatkan sebagai Bapak Teknologi Robot. Lalu apa sajakah teknologi robot yang beliau ciptakan hingga menjadi pedoman dalam pembuatan teknologi di zaman sekarang ???

1.) Jam Gajah Mekanik

Foto : baitulmaqdis.com

Salah satu teknologi robot yang terkenal dari beliau adalah “Jam Gajah Mekanik” yang mampu menghibur keluarga raja ketika sedang memamerkan karyanya di sana. Dengan memanfaatkan air dan beberapa roda gear, beliau mampu menciptakan jam yang bergerak secara otomatis tanpa menggunakan aliran listrik di waktu itu. Susunan yang rapi antar roda satu dengan yang lain membuat jam ini tidak pernah mengalami kerusakan. Satu hal yang menarik, yakni ketika menunjukan angka tertentu, maka keluarlah bunyi simbal dan burung yang sedang berkicau. Hal itulah yang membuat keluarga raja merasa kagum terhadap pencapaian Al Jazari. Bahkan penemuan Jam Gajah ternyata lebih dahulu dari pada Jam Astronomi yang diperkenalkan Giovanni de Dondi pada tahun 1364.


2.) Penemuan Roda Gigi

Selain berjasa dalam teknologi robot mekanik, Ibnu Ismail Al Jazari juga menciptakan karyanya yang masih digunakan sampai saat ini, yakni roda gigi yang terpasang di mobil atau motor Anda. Roda gigi termasuk bagian terpenting dalam dunia otomotif yang mampu merubah putaran perdetik hingga menghasilkan kecepatan tertentu. Tentu saja teknologi ini berpengaruh besar terhadap teknologi di zaman sekarang, sepatutnya para pembalap motor berterima kasih kepada ilmuwan ini. Penemuan roda gigi ini bahkan mendahului desain mesin yang diungkapkan oleh Francesco de Giorgio pada tahun 1501.


3.) Mesin Engkol (Tahun 1206)

Foto : alfinlatife.blogspot.co.id

Masih ini masih berkaitan di poin sebelumnya, kali ini ada mesin Engkol yang menjadi bagian dari teknologi otomotif yang terlebih dahulu dikembangkan oleh Ibnu Ismail Al Jazari. Mesin ini jika di zaman sekarang mirip sejenis dinamo yang merupakan sumber penggerak dan terhubung dengan roda, sehingga dapat menggerakkan mobil ataupun motor. Berkat penemuannya tersebut, sedikit-demi sedikit teknologi mulai berkembang dan lahirlah pencetus motor/alat transportasi yang didasarkan dari pengetahuan Ibnu Ismail Al Jazari.


4.) Jam Weker Pengingat Waktu

Foto : afaisalmarzuki.blogspot.com

Ternyata, jam weker pun sudah ada di abad ke 12 yang merupakan ciptaan dari Al Jazari. Jam yang terbuat dari bejana vacum dengan tambahan leher angsa yang diisi air. Jam ini akan berbunyi ketika masuk waktu shalat.


5.) Mesin Pompa Air

Foto : baitulmaqdis.com

Penemuan Al Jazari selanjutnya adalah mesin pemompa air yang bermanfaat untuk mengambil air-air pada kedalaman tertentu. Dengan menerapkan ilmu fisika di dalamnya, beliau mampu menciptakan sebuah mesin pemompa air yang berguna. Jenis-jenis pompa air yang dibuat Al Jazari seperti watermill dan water shell. Di zaman sekarang pun kita masih menggunakan mesin pompa dalam menyedot air di dalam tanah supaya bisa naik ke penampungan. Coba Anda bayangkan apabila mesin pemompa air tidak ditemukan oleh sang ilmuwan tersebut ???


6.) Mesin Pencuci Tangan Otomatis

Foto : baitulmaqdis.com

Penemuan bermanfaat lainnya adalah pencuci tangan otomatis. Sistem kerjanya hampir menyerupai cara kerja dari toilet modern yang otomatis mengeluarkan air ketika ada sensor tangan. Mengapa teknologi secanggih itu sudah diciptakan pada abad ke-12 ??? Itu membuktikan bahwa Islam sangat disanjung orang banyak berkat orang-orang muslim yang berjasa mengembangkan ilmu dan teknologi.

Pada masanya, Al Jazari mampu menghasilkan lebih dari 10 teknologi mekanik yang akhirnya bermanfaat saat ini. Beliau juga pernah membuat robot manusia atau humanoid yang dapat diprogram sedemikian rupa dengan memanfaatkan prinsip hidrolik dalam setiap teknologinya. Karena jasa serta pengetahuannya itulah para ilmuwan memanggil Al Jazari sebagai bapak teknologi robot modern. Salah satu teknologi robot yang diciptakan oleh beliau adalah robot pemain musik. Robot yang berjumlah 4 ini diperuntukkan kepada tamu kerajaan, dengan menempatkan ke-4 robot ini ke sebuah perahu mereka bermain musik dan menghibur para tamu kerajaan. Disebut robot pemain musik karena ke-4 robot ini memang pandai dalam memainkan alat musik seperti memainkan harpa, menabuh drum, dan meniup seruling.

Sebenarnya masih banyak lagi teknologi yang diciptakan oleh Al Jazari, beliau mengembangkan teknologi sampai 50 jenis dan teknologi tersebut ditulis dalam sebuah buku berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices”. Dalam buku tersebut menjelaskan secara detail bagaimana cara merancang, merakit dan membuat teknologi menggunakan prinsip hidrolik. Hal ini dijelaskan oleh seorang ahli teknik Inggris bernama Donal Hill yang kagum terhadap penemuan Al Jazari. Donal Hill berpendapat bahwa tak ada buku mekanik dan teknologi yang menjelaskan hingga sedetail itu, mulai dari instruksi membuat desain, perancangan, merakit hingga membuat sebuah mesin dijelaskan di buku karya Al Jazari. 

Dengan munculnya buku itu membuat orang-orang Eropa berguru kepada Al Jazari, salah satunya adalah Leonardo da Vinci yang sering dikaitkan menimba ilmu bersama ilmuwan Al Jazari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui karya-karya lain dari Al Jazari, silahkan Anda menonton video berikut ini....


Itulah informasi mengenai Pencetus Teknologi Robot Modern, ternyata pencetus teknologi robot bukanlah dari orang-orang Eropa maupun orang Jepang dan Amerika, melainkan ilmuwan muslim pada abad ke 12. Semoga ke depannya muncul ilmuwan-ilmuwan muslim lainnya yang menghasilkan karya bermanfaat bagi umat manusia....








Referensi : baitulmaqdis.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter