-->

Review Game Fifa 18, Ternyata Masih Merajai Pasar Penjualan

Post a Comment
Review game Fifa 18

Review Game Fifa 18 ~ Apakah game ini nyata? Itu merupakan sebuah pertanyaan sederhana namun mengungkapkan banyak hal tentang FIFA 18. Semenjak peluncuran game PES 2018, EA sport selaku pembuat game ini tak mau kalah dengan merilis game andalannya FIFA 18 untuk tahun ini. EA sport memang mendominasi game sepak bola selama dekade terakhir, hal itu bukan tanpa sebab mengingat game ini menyuguhkan tampilan dan permainan yang hampir mendekati sepak bola nyata. 

Namun masalahnya masih banyak keluhan yang dialami gamer ketika memainkan edisi tahun lalu (FIFA 17) yang dinilai terlalu mudah dalam memainkan game ini sehingga kesan nyata dalam permainan sepak bola kurang terlihat. Mungkin tantangan itulah yang ingin diatasi EA Sport dengan menciptakan edisi game FIFA tahun ini.

Setelah kita mengetahui sedikit ulasan ringan di atas, selanjutnya penulis akan memberikan gambaran atau review mengenai game FIFA 18 lebih mendetail. FIFA 18 mengalami peningkatan dari beberapa aspek diantaranya :

1.) Grafis yang Mulai Ditingkatkan


Review game Fifa 18

Salah satu fokus utama tahun ini adalah grafik, baik itu grafis pada pemain maupun grafis di stadion. Permainan Anda serasa tidak membosankan ketika ribuan pononton mendukungmu dan suasana di dalam stadion menjadi perhatian utama untuk tahun ini di mana penonton tidak hanya melihat saja, melainkan ikut bersorak keras dengan tambahan koreografi yang menarik, sehingga Anda pun serasa di dalam stadion. Sistem pencahayaan juga menjadi nilai plus untuk game ini, pasalnya jika kita melihat game rival (PES 2018), mereka kurang memperhatikan segi pencahayaan pada pemain.

Sistem pencahayaan telah berinovasi untuk membuat apa yang terjadi di lapangan terlihat seperti dunia nyata, hal ini membuat permainan terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Game ini benar-benar membiarkan permainan bersinar dengan efek pencahayaan yang menawarkan detail luar biasa di bawah lampu sorot dan di siang hari yang cerah. Ada banyak pekerjaan di sisi grafis permainan selama setahun terakhir. Salah satu fokus utama ada di atmosfer penonton, tapi di seluruh permainannya terlihat jauh lebih baik.

2.) Player Move (Pergerakan Pemain) dan Gaya Pemain yang Semakin REAL !!!

Review game Fifa 18

Pemain bergerak seperti yang mungkin Anda harapkan. Jadi, ketika pemain belakang mengunci pergerakan pemain Anda yang menguasai bola, Anda merasa seperti permainan telah dirancang untuk mewujudkannya yakni menggunakanf berbagai skill move (dribbling) untuk melewati pemain lawan.

Review game Fifa 18

Tidak hanya itu, pergerakan Christiano Ronaldo pun sama persis dengan yang aslinya, yakni dengan ciri khasnya berlari dari sayap kemudian masuk ke dalam, sehingga Anda (penggemar CR7) tak perlu beradaptasi lagi di game ini. Para pemain sekarang lebih ditingkatkan dari sistem pergerakannya (move), sehingga memudahkan Anda dalam bermain karena gaya bermain pemain sama persis dengan pemain nyata. Pemain terlihat lebih realistis dalam gerakan mereka dan itu membuat nuansa yang lebih memuaskan. Sekarang ada perubahan frame-by-frame ke animasi, yang berarti Anda bisa mengubah kecepatan yang sama dengan Lionel Messi. Selain itu, langkah kaki yang tidak sama akan membingungkan Anda dalam mengambil bola dari pemain lawan.

3.) Perbaikan Pola Menyerang Lewat Sayap

Review game Fifa 18

Lini sayap memang mendapat kritikan dari gamer untuk edisi tahun lalu, karena praktis permainan hanya berkutat/terjadi di lapangan tengah ke depan saja, tidak melalui sayap. Hal inilah yang membuat EA menyempurnakan pemain yang berada di sisi sayap untuk bekerja lebih baik dan effisien. Bahkan pemain sayap edisi tahun ini dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya, karena mampu mengisi kekosongan ruang di jantung pertahanan lawan sebelum mengumpan ke striker (penyerang).

4.) Faktor Bola Membuat Game Ini Semakin Nyata


Setiap jenis bola memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing, misalnya antara bola Addidas, Puma, dan Nike memiliki berat, bahan, kelenturan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Itulah sebabnya EA ingin memasukkan faktor bola dalam permainan mereka yang nantinya semakin membuat game ini terlihat realistis. Akhirnya, bola memainkan faktor dalam permainan di lapangan.

Lapisan presentasi siaran baru dan stadion baru, semuanya membuat pengalaman bermain yang lebih baik. Selain itu, mode lain juga sudah diperbaiki. Mode karir (Career Mode) jauh lebih hidup. Ada sedikit rasa puas ketika memainkan Mode Karir.

5.) Intelligent Computer Pada Pemain Semakin Membaik


Salah satu keluhan besar game FIFA edisi sebelumnya adalah kecerdasan pada pemain yang kurang, alhasil Anda pun merasa kesal ketika bola yang dikuasai pemain Anda sering kali direbut pemain lawan hanya gara-gara pemain Anda membutuhkan waktu dalam tindakan terakhir, seperti mengumpan saja butuh waktu sepersekian detik. Sepertinya Anda harus mengalahkan sistem itu sendiri dan harus bermain sepakbola "FIFA", mengungguli olahraga sesungguhnya. Namun sekarang, EA sudah melakukan perbaikan pada sistem, yang membuat pemain cepat tanggap, lebih cepat, responsif, dan semakin dekat dengan permainan yang Anda tonton melalui televisi.

6.) Sistem dan Pola Permainan


Game ini menuntut Anda untuk pandai memainkan tempo permainan, pasalnya jika stamina pemain bertahan Anda sudah menurun, maka pemain lawan semakin cerdas dengan menurunkan pemain bertipikal srinter (pelari cepat) yang mampu melewati pemain bertahan Anda menggunakan kecepatan dengan mudahnya. Misalnya pemain cepat => seperti Mbappe akan merasa nyaman ketika melewati sebagian besar bek tengah dalam lomba lari (adu sprint), lalu ada Marcus Rashford dan Anthony Martial yang mematikan di sayap MU. Jika pertahanan Anda tidak memiliki kecepatan, sebaiknya Anda jangan memainkan tempo tinggi/cepat dalam waktu lama.

Dalam sistem bertahan, FIFA semakin berevolusi dan semakin rapi dan kompleks dalam menjaga pertahanan. Anda akan dibuat geram ketika pemain Anda selalu menerima tackle-tackle bersih dari pemain bertahan lawan. Namun inilah sepak bola, pemain berhak men-tackle pemain lawan asalkan tidak berbahaya bagi pemain itu sendiri. Itu semua bergantung dari cara Anda memainkan bola.

Kemudian kita akan masuk ke sistem penyerangan, sepertinya Anda akan berpikir lebih keras ketika tidak membawa bola, pasalnya EA membuat pola penyerangan tim terkesan lebih berbahaya dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena sistem pertahanan yang dirombak besar-besaran dalam satu tahun, sehingga pola penyerangan akan terasa mengerikan (yakni dengan melakukan conter attack).

7.) Passing, Dribbling, Shooting dan Control semuanya disempurnakan


Review game Fifa 18

Anda yang menyukai tim Barcelona, kini Anda pun dapat memainkan Barcelona sesuai gaya permainannya, yakni Tiki-Taka. Dalam hal ini, passing/umpan dituntut benar dan mengarah ke pemain. Di FIFA edisi tahun ini, variasi umpan, dribbling, dan shooting semakin sempurna, ditambah dengan respon pemain yang meningkat dalam mengontrol bola membuat game FIFA terlihat semakin nyata.

Jadi dapat disimpulkan bahwa game FIFA 18 memiliki kelebihan dan kekurangan, di antaranya :
Kelebihan : 
  • Peningkatan grafis stadion, suasana dalam stadion dan grafis pemain yang semakin sempurna
  • Gaya bermain yang menyerupai pemain aslinya
  • Kecerdasan mesin para pemain ditingkatkan
  • Adanya faktor bola yang menentukan permainan akan berjalan seperti apa
  • Perbaikan pola menyerang lewat sayap
  • Passing, dribbling, shooting dan control semuanya disempurnakan
  • Kekompakkan dalam bertahan dan keganasan dalam menyerang

Kelemahan :
Salah satu keluhan selama beberapa tahun terakhir adalah betapa mudahnya memainkan beberapa aspek tertentu dari FIFA dan betapa sulitnya meniru tujuan nyata dalam game, yakni kurang realistis (itupun di edisi tahun lalu).

    Kritik :
    Masih ada kekurangan dalam game ini seperti minimnya strategy dalam permainan, serta masih ada beberapa fitur yang memerlukan update seperti Custom Tactics.

    Saran :
    Alangkah baiknya jika EA mengadopsi peyajian strategi pada Konami, yakni dengan membawakan strategi modern.


    FIFA 18 system requirements (minimum) :
    *.CPU: Intel Core i3-2100 / AMD Phenom II X4 965 3.4 GHz
    *.CPU SPEED: Info
    *.RAM: 8 GB
    *.OS: 64-bit Windows 7
    *.VIDEO CARD: Nvidia GeForce GTX 460 or AMD Radeon R7 260 (1 GB)
    *.FREE DISK SPACE: 50 GB


    FIFA 18 Recommended Requirements : 
    *.CPU: Intel Core i3-6300T 3.3 GHz or AMD Athlon X4 870K 3.9 GHz
    *.CPU SPEED: Info
    *.RAM: 8 GB
    *.OS: 64-bit Windows 10
    *.VIDEO CARD: Nvidia GeForce GTX 670 or AMD Radeon R9 270X (2 GB)
    *.FREE DISK SPACE: 50 GB



    FIFA 18 adalah game FIFA terbaik yang pernah dibuat, khususnya untuk edisi tahun ini. Sepak bola di lapangan lebih cair, passing ditingkatkan, kontrol jaraknya lebih baik, dan masih banyak lagi perbaikan di game ini. EA Sports pantas mendapat pujian besar atas perjalanan yang telah dilakukannya bersama FIFA.

    Dimulai pada peluncuran konsol generasi saat ini dengan Ignite Engine yang bagus setiap tahun jelas apa yang tim coba lakukan demi kenyamanan bermain para game di dunia. FIFA 18 sungguh luar biasa dan melanjutkan dominasinya atas para pesaingnya, EA telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan perbaikan besar di berbagai aspek permainan.

    Bagi Anda yang penasaran melihat gameplaynya, silahkan tonton video berikut ini :











    Sumber foto : 
    http://www.dailymail.co.uk/sport/esports/article-4903584/FIFA-18-review-best-football-game-market.html
    http://www.trustedreviews.com/reviews/fifa-18

    Related Posts

    Post a Comment

    Subscribe Our Newsletter