-->

Mengapa Pisau Harus Diasah Supaya Kembali Tajam ??

Post a Comment

Mengapa Pisau Harus Diasah Supaya Kembali Tajam ??




Mengapa Pisau Harus Diasah Supaya Kembali Tajam ?? ~ Pisau merupakan salah satu peralatan memasak yang wajib ada di dapur mengingat manfaatnya sebagai alat pemotong, maka tak heran jika pisau menjadi peralatan wajib ketika memasak. Namun masalah muncul ketika pemakaian pisau yang terlalu lama hingga menyebabkan pisau tersebut tumpul. Pisau tumpul bisa dibuat tajam kembali dengan mengasahnya ke batu asah sesuai tradisi zaman dahulu. Mungkin Anda pernah berfikir mengapa sih pisau bisa kembali tajam setelah diasah ?? Nah pertanyaan tersebutlah yang akan penulis jawab....


Pisau-pisau yang ada di dapur ternyata menggunakan prinsip tekanan. Mungkin Anda pernah belajar tentang materi tekanan di SMP dan SMA, kali ini penulis akan merefresh ingatan Anda. Menurut bahasa IPA, tekanan merupakan suatu ukuran besarnya sebuah gaya yang bekerja pada satu satuan luas permukaan. Sedangkan menurut bahasa sederhananya adalah sebuah gaya tekan dalam luas permukaan tertentu.
Keterangan :
P = Tekanan (N/m^2)
F = Gaya (Newton)
A = Luas Permukaan (m^2)

Contoh penerapan hukum tekanan dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut :
  1. Penggunaan pisau, kapak, pedang dan senjata tajam lainnya
  2. Memeras buah
  3. Mencubit kulit seseorang
  4. Mesin cuci darah
  5. Proses pemurnian air laut menjadi air tawar
  6. Pembuatan jarum
  7. Pompa ban sepeda, dan masih banyak lagi
Sebenarnya masih banyak lagi prinsip tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Pada bunyi hukum tekanan menyebutkan bahwa : “Semakin besar gaya yang diberikan dan semakin kecil luas permukaan, maka nilai tekanannya semakin besar begitupun sebaliknya”. Kembali ke permasalahan utama, yakni mengapa sih pisau dapat kembali tajam setelah diasah ?? Berdasarkan bunyi hukum di atas dapat dijawab jika proses pengasahan pada pisau dilakukan bermanfaat dalam memperkecil luas permukaan yang sering digunakan untuk memotong. Pemakaian pisau secara terus menerus dan dalam waktu lama akan membuat luas permukaan pada pisau tumpul/membesar, sehingga pisau pun terasa tidak setajam sebelumnya. Untuk itu dilakukan pengasahan pada pisau guna memperkecil dan membuat pisau tajam kembali.


Itulah jawaban sederhana mengapa pisau harus diasah supaya kembali tajam. “Bagai Pisau Bermata Dua”, sebuah peribahasa yang mengandung makna bahwa sesuatu barang apabila berada di tangan orang jahat maka sangat berbahaya, sebaliknya apabila berada di tangan orang benar akan membantu pekerjaan. Sama seperti pisau ketika berada di tangan orang jahat maka akan berubah menjadi senjata berbahaya, sebaliknya jika berada di tangan yang tepat dapat membantu pekerjaan manusia seperti memasak. Jadi dapat disimpulkan bahwa proses pengasahan pisau berguna untuk memperkecil luas permukaan setelah pemakaian dalam jangka waktu lama.


Artikel menarik lainnya :

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter