-->

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia

Post a Comment


Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia

Foto : returnofkings.com

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia ~ Teknologi mulai berkembang seiring berkembangnya otak manusia, dulu kita sering berkhayal supaya bisa terbang di angkasa. Mungkin dulu sangat mustahil namun sejak abad ke 19, manusia sudah berpikir lebih modern dengan menciptakan teknologi pesawat terbang dan balon udara. Dari langkah kecil itulah perkembangan teknologi sampai sekarang terus meningkat.

Akan tetapi, karena teknologi juga-lah dunia hampir porakporanda dikarenakan penggunaan teknologi seperti pesawat dan tank pada saat perang dunia 1 & 2. Teknologi yang awalnya berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia bisa berubah menjadi senjata terkuat yang pernah dibuat. Lalu bagaimana cara kita dalam memaksimalkan peranan teknologi di kehidupan manusia supaya tidak disalahgunakan ???

Bangkitnya teknologi, terutama di abad ke-21 membuat segalanya berubah. Anda bisa lihat munculnya teknologi terbaru setiap tahunnya, misalnya saja teknologi robot, gadget, perangkat elektronik, teknologi komunikasi dan masih banyak lagi. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai asal mula teknologi diciptakan manusia, apakah berasal dari negara barat yang diwakili masyarakat Yunani dan Romawi atau berasal dari negara timur yang diwakili masyarakat Amerika latin dan China ?? 

Ternyata dua anggapan tersebut terbantahkan melalui catatan sejarah yang menunjukkan bahwa pencetus teknologi pertama adalah seorang ilmuwan Muslim bernama “Ibnu Ismail Al Jazari” sekitar abad ke-12 Masehi.

Mungkin Anda tak menyangka sebelumnya jika pencetus teknologi bukan berasal dari eropa atau amerika, ternyata orang-orang muslim dulu dihormati oleh bangsa-bangsa lain, terutama bangsa Roma dan Yunani karena telah berjasa menghasilkan karya-karya yang membuat bangsa Eropa takjub dengan ilmuwan muslim, salah satunya adalah karya dari “Ibnu Ismail Al Jazari”. 

Beliau mendapat julukan sebagai bapak modern engineering karena telah banyak ciptaannya yang menjadi pedoman dalam pembuatan teknologi di masa sekarang. Bagi Anda yang ingin tahu mengenai sosok Ibnu Ismail Al-Jazari, selengkapnya bisa Anda baca di bawah ini,,,


Teknologi memiliki peranan salah satunya adalah untuk memudahkan manusia. Anda mungkin setuju apabila teknologi terus dikembangkan, maka semakin memudahkan pekerjaan Anda. Berikut penulis sajikan peranan teknologi di kehidupan manusia, di antaranya :

1.) Memudahkan Anda Menempuh Jarak yang Jauh

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia
Foto : kuningbelang.blogspot.com

Zaman dahulu kita pernah mendengar cerita tentang kerajaan yang masih menggunakan alat transpotasi sederhana seperti kuda dan sapi untuk menempuh perjalanan. Namun setelah teknologi mengalami perkembangan, kuda dan hewan transportasi kini teralihkan dengan kehadiran motor, mobil, bus, pesawat, kereta, kapal, truk dan alat transportasi modern lainnya. Dengan teknologi, manusia dapat berpergian jauh tanpa memerlukan waktu tempuh yang lama.

2.) Mengirim Barang Logistik Ke Tempat Yang Sulit Dijangkau
Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia
Foto : amazon.com

Anda sudah pernah melihat drone ?? Drone merupakan sejenis teknologi terbaru di tahun 2000-an yang dapat terbang pada ketinggian tertentu dan dapat dikendalikan melalui sejenis remote. Ketika dalam situasi darurat, drone bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan benda, makanan dan pakaian ke wilayah yang sulit ditempuh oleh kendaraan, mengalami bencana alam ataupun saat kondisi perang.

Baca juga : Perkembangan Drone di Dunia Beserta Sejarahnya

3.) Tangan Dan Kaki Buatan

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia
Foto : singularityhub.com

Bagi orang yang mengalami kecelakaan dan patah tulang sehingga harus diamputasi ataupun yang (maaf !!) mengalami kondisi cacat sejak lahir kini merasa terbantu dengan kehadiran teknologi robot seperti tangan atau kaki buatan yang diprogram secara khusus layaknya kaki atau tangan asli. Anda pernah lihat ada beberapa atlet yang menggunakan tangan/kaki buatan dalam lomba lari atau pun olahraga lainnya ? Kendati mereka memiliki kekurangan fisik namun mereka masih bisa berpartisipasi ikut lomba dengan bantuan tangan dan kaki robotik. Dengan teknologi, orang yang mengalami kekurangan fisik mampu menjalankan aktivitas sehari-hari layaknya manusia normal.

4.) Memudahkan Pekerjaan Dokter

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia
Foto : web.rshs.or.id

Pekerjaan dokter terbantu berkat teknologi pula, misalnya saja sebuah mesin cuci darah, suntikan, sarung tangan robotik untuk meminimalisir tangan gemetar dari seorang dokter ketika sedang melaksanakan operasi dan masih banyak lagi. Jadi dapat disimpulkan jika peranan teknologi di kehidupan manusia salah satunya dapat menyelamatkan kondisi orang yang terluka parah dan angka kematian bisa berkurang.

5.) Teknologi Buku Mobile (Ebook)

Foto : mhpbooks.com

Peranan teknologi di kehidupan manusia, khususnya di bidang pendidikan adalah teknologi Ebook atau elektronic book. Teknologi ini memungkinkan Anda bisa memiliki buku sendiri yang bisa dilihat di smartphone Anda. Keuntungan dari ebook adalah tidak keluar uang karena ebook sudah banyak yang gratis di internet, selain itu mudah dicari (cukup download di internet) serta dapat mengurangi pemakaian kayu menjadi kertas sehingga mampu menjaga populasi hutan di dunia.

6.) Munculnya Teknologi Komunikasi

Memaksimalkan Peranan Teknologi Di Kehidupan Manusia
Foto : gadgetsandtech.net

Teknologi komunikasi sudah berkembang sejak munculnya hp jadul. Jika dahulu masyarakat Indonesia menggunakan telepon benang, yakni kaleng yang diikat dengan benang di bagian tengahnya dan terhubung dengan kaleng satunya. Fungsi utama dari munculnya hp adalah untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi jarak jauh namun hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Itulah sebagian dari peranan teknologi di kehidupan manusia, sebetulnya masih banyak peranan teknologi jika dibahas lebih lanjut. “bagai pisau bermata dua”, penggunaan teknologi secara kurang tepat ternyata dapat membahayakan umat manusia. Misalnya saja penggunaan bom, pesawat tempur, senjata laras panjang, dan tank seperti pada saat perang dunia 1 & 2 yang hampir menewaskan separuh populasi manusia di dunia saat itu.

Jadi dapat disimpulkan jika peranan teknologi di kehidupan manusia bagaikan pisau bermata dua, dampak positifnya adalah dapat membantu pekerjaan manusia, sementara dampak negatifnya adalah bisa sebagai alat pembunuh massal yang mengerikan. Mari, kita bersama-sama menggunakan teknologi secara bijak dan jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidak bermanfaat. Gunakan teknologi bukan berdasarkan nafsu semata-mata ingin diakui/dipuji banyak orang, melainkan gunakan teknologi ketika Anda kesulitan menjalankan aktivitas tertentu.




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter