-->

Apa Sih Itu Diabetes Mellitus ??

Post a Comment

Apa Sih Itu Diabetes Mellitus ???




Diabetes Mellitus (DM) atau lebih akrab disapa Penyakit Kencing Manis merupakan salah satu penyakit dengan kondisi kadar gula darah terlalu tinggi dalam tubuh yang diakibatkan terganggunya organ pankreas dalam merubah gula menjadi energi. Akibatnya, gula yang seharusnya dirubah menjadi energi akan sia-sia dan akhirnya dibuang bersamaan dengan air kencing. Itulah sebabnya banyak penderita diabetes mengalami keluhan bahwa ada aroma manis dari air kencingnya. Lalu, berbahayakah penyakit ini jika dibiarkan ??? Jawabannya sangat berbahaya, terlebih bagi Anda yang selalu menjalankan gaya hidup tidak sehat, penyakit ini dapat menyerang Anda tak peduli berapa usia Anda saat ini.

Perlu Anda ketahui bahwa Diabetes Melitus termasuk 10 penyakit paling berbahaya di dunia, begitu pun di Indonesia. Bahkan dalam data WHO menunjukkan Indonesia termasuk negara dengan penderita Diabetes tertinggi di dunia nomer 4 setelah nomer 1,2 & 3 ditempati negara India, China, dan Amerika. WHO memperkirakan angka penderita Diabetes mengalami peningkatan sebanyak 21,3 juta jiwa di tahun 2030.

Bahaya apabila terkena Diabetes adalah luka borok pada kaki yang membusuk dan jalan satu-satunya adalah dengan diamputasi. Namun diamputasi saja belum cukup untuk mengatasi Diabetes yang sudah terlanjur menyebar ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan hampir semua penderita Diabetes meninggal.


Gejala Awal Diabetes

Foto : myinsuranceclub.com

Penderita yang memiliki kadar gula di atas 160-180 mg/dL merasakan kencing berulang kali walaupun jarang minum sebelumnya. Hal ini karena kandungan gula yang tinggi akan dibuang dari ginjal dengan cara mengencerkan gula tersebut bersama air yang kemudian dikeluarkan menjadi air kencing. Penderita yang sering kencing akan merasakan haus yang luar biasa sehingga penderita akan minum air dalam jumlah yang banyak.

Air kencing yang dihasilkan ternyata melarutkan kalori yang mampu memberikan tenaga, sehingga semakin sering penderita kencing maka semakin banyak pula kalori yang ikut keluar. Akibatnya, penderita merasa lemas dan mudah lapar. Selain merasakan rasa haus yang luar biasa, penderita akan mengalami gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur yang disebabkan karena cairan pada bola mata ikut berkurang, akibatnya mata pun kering dan menyebabkan penglihatan mata kabur. Jadi dapat disimpulkan bahwa gejala umum yang dialami penderita Diabetes diantaranya :
1.) Sering kencing padahal jarang minum
2.) Mudah haus
3.) Mudah lapar dan lemas
4.) Penglihatan terganggu/kabur
5.) Kesemutan di daerah kaki dan telapak tangan (karena tubuh kekurangan cairan)
6.) Dehidrasi berat

Gambar Pankreas yang tidak maksimal lagi dalam menghasilkan hormon Insulin
Foto : pinterest.com

Diabetes sendiri dibagi beberapa jenis, namun Diabetes yang sering diderita masyarakat adalah Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2. Diabetes tipe-2 lebih banyak diderita penduduk di dunia, itu karena penyakit Diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan jarang berolahraga. Sementara Diabetes tipe 1 disebabkan karena rusaknya organ pankreas karena virus Hepatitis B yang menyerang organ hati dan pankreas, sehingga mengakibatkan organ pankreas tidak bekerja merubah gula menjadi energi.

Kebiasaan buruk seperti merokok, makanan junk food, hidup di tempat kotor serta malas berolahraga dapat memicu naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Itulah mengapa Diabetes tipe-2 lebih berbahaya dan lebih banyak diderita daripada Diabetes tipe-1.

Berdasarkan laporan terakhir menyebutkan bahwa lebih dari 60% Indonesia tidak mengetahui apakah mereka mengidap penyakit Diabetes atau tidak. Padahal, penyakit berbahaya seperti ini apabila tidak segera dirawat juga bisa membahayakan penderitanya. Kebanyakan masyarakat baru berobat ke rumah sakit setelah penyakit Diabetes dalam kondisi komplikasi/parah yang ditandai munculnya borok.

Betapa berbahayanya penyakit ini jika menyerang seseorang, untuk itulah kita diwajibkan untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, mengurangi makanan junk food dan fast food, serta berolahraga rutin. Cukup tiga hal itu yang dapat menghindarkan diri Anda dari Diabetes.

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah Anda terkena penyakit Diabetes, segera datangi rumah sakit/puskesmas terdekat dan apabila positif terkena Diabetes, dokter akan menyuntikkan cairan yang mengandung zat Insulin ke dalam tubuh untuk merangsang organ pankreas dalam menghasilkan zat Insulin lebih banyak lagi.

Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang berdampak terhadap produktivitas serta menurunnya SDM. Pada tahun 2012 saja, Diabetes telah menyebabkan 1,5-2,2 juta jiwa meninggal. Semakin berbahaya ketika Diabetes Mellitus dapat meningkatkan resiko penyakit Kardiovaskular seperti => Penyakit Jantung, Stroke, Gagal Ginjal dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara kita supaya terhindar dari penyakit ini ???

Silahkan Anda baca artikel selanjutnya....





Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter